3 Alasan Pentingnya ERP

Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) merupakan sistem yang bertujuan untuk mengintegrasikan dan mengotomasikan proses operasi, produksi dan distribusi perusahaan. Banyak perusahaan yang menggunakan ERP dan sudah sadarkan pentingnya ERP. Berikut ini 3 alasan pentingnya ERP:

  1. Menghemat waktu dan biaya

Dalam penerapan ERP di suatu perusahaan, tentu saja persoalan proses administrasi dan berbagai laporan keuangan yang berkaitan dengan proses bisnis perusahaan tidak perlu memakan banyak waktu dan biaya. Untuk adanya rapat koordinasi juga dapat dikurangi bahkan hampir tidak perlu, karena sudah ada sistem ERP yang menyederhanakan proses bisnis perusahaan. Kalkulasi yang dilakukan dengan sistem akan mempercepat keseluruhan proses bisnis perusahaan. Dengan ERP, pekerjaan yang biasa dilakukan secara manual diubah dengan sistem. Hal tersebut membuat proses dan hasil yang lebih baik serta berdampak kepada keuntungan perusahaan.

  1. Transparansi

Penggunaan sistem ERP dalam perusahaan, memiliki nilai ‘transparansi’. Transparansi di sini berarti dalam berbagai jabatan dan posisi dapat mengakses ERP dengan batas maksimal akses yang ditentukan perusahaan. ERP memberikan data yang akurat dan dapat digunakan sebagai penilaian terhadap kinerja para karyawan yang berkaitan dengan proses bisnis perusahaan serta dapat melihat juga kondisi perusahaan. Data dari ERP juga bisa digunakan untuk menganalisa strategi apa yang akan digunakan perusahaan dalam menjalankan bisnis ke depannya serta untuk beradaptasi dengan perubahan.

  1. Keseragaman data

Data-data yang dihasilkan dari sistem ERP membuat adanya keseragaman antar divisi yang mengurangi konflik. Data yang dihasilkan pasti akurat, karena sudah dilakukan oleh sistem tidak lagi secara manual. Kesalahan-kesalahan yang sering terjadi saat proses manual dapat diminimalisir dengan sistem ERP. Jika ada audit total, tidak perlu takut lagi karena sistem ERP menghasilkan data yang tepat dan benar.

Baca Juga:   3 Tips Manajemen Krisis Perusahaan

Itulah 3 alasan pentingnya ERP bagi suatu perusahaan. Perusahaan dalam menentukan rencana besar dan strategi ke depannya, membutuhkan sistem yang menghasilkan data yang tepat dan sesuai, sehingga setiap apa pun keputusan yang diambil, dapat menghasilkan keuntungan bagi perusahaan dan akan mengalami kenaikkan setiap tahunnya.

Scroll to Top