3 Strategi Membangun Tim Sukses

Tim yang sukses merupakan tim yang solid, memilliki tujuan yang sama dan dapat bekerja sama dengan baik, sampai tujuan tersebut tercapai. Tim yang sukses perlu dibangun secara bersama-sama, tetapi yang bertanggungjawab adalah pemimpin tim tersebut. Ada 3 strategi membangun tim sukses:

1. Tujuan Kolektif

Menetapkan tujuan kolektif, satu tujuan tetapi bukan berarti bekerja secara masing-masing walaupun di dalam tim yang sama. Di dalam tim, setiap orang memegang peranannya, dan harus berdiskusi dan bekerja sama untuk mencapai tujuan yang dimaksud. Masing-masing anggota tim harus menyampaikan pendapat mereka dalam mencapai tujuan yang dimaksud. Jadi, masing-masing orang memiliki peranannya, tetapi pada akhirnya mereka akan berkontribusi terhadap tujuan akhir yang dicapai.

2. Saling Menghormati

Pemimpin harus mendorong anggota timnya untuk saling menghormati. Masing-masing anggota memiliki kelebihan dan kekurangan, kesadaran mereka akan kelebihan yang berbeda-beda, menguatkan tugas masing-masing untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Mereka akan menjalankan tugasnya masing-masing, dan berujung pada hasil dari tujuan yang ditetapkan. Contohnya, di dalam tim ada orang yang pandai dalam hal planning, ada juga yang pandai dalam hal monitoring, ada pula yang pandai dalam hal dokumen-dokumen, dsb. Tanpa adanya kelebihan yang berbeda-beda, maka hasilnya tidak akan maksimal. Kesuksesan sebuah tim ditentukan oleh kontribusi masing-masing anggotanya.

3. Rayakan secara Keseluruhan

Rayakan kesuksesan secara keseluruhan. Sebagai pemimpin, harus memperlakukan para anggotanya secara adil. Contohnya, bagi mereka yang turut berkontribusi dalam kesuksesan perusahaan, akan dirayakan, berupa makan bersama, liburan bersama, pemberian hadiah, atau pemberian penghargaan.

Strategi membangun tim yang sukses dapat diterapkan dalam berbagai organisasi atau perusahaan. Dalam mencapai tujuannya, perusahaan tidak bisa mengesampingkan kerja sama tim yang saling menghargai, memiliki tujuan kolektif dan yang secara adil merayakan kesuksesan secara keseluruhan. Tinggal tugas pemimpin untuk menerapkan ketiga hal tersebut.

Baca Juga:   Serba-Serbi seputar Generasi Z
Scroll to Top