4 Alasan Penggunaan SaaS

SaaS (Software as a Service) merupakan layanan aplikasi berbasis komputasi awan atau cloud. Di era Industri 4.0 ini, banyak perusahaan yang menggunakan SaaS. Lalu, apa saja alasan perusahaan menggunakan SaaS? Berikut ini 4 alasan penggunaan SaaS:

1. Hemat waktu dan biaya

Dengan penggunaan teknologi SaaS, perusahaan dapat menghemat waktu dalam segi instalasi dan perbaikan sistem, karena semuanya dilakukan dari pusat penyedia sistem. Selain itu, perusahaan dapat menghemat biaya dalam hal perawatan server dan tidak perlu banyak menggunakan proses yang manual, karena semuanya sudah dilayani oleh pihak penyedia sistem.

2. Tidak makan tempat

Penggunaan SaaS menghemat tempat yang harus disediakan perusahaan, bahkan perusahaan sama sekali tidak membutuhkan tempat untuk menaruh server. Hal ini dikarenakan database yang disimpan melalui server sudah disediakan oleh penyedia sistem SaaS perusahaan.

3. Akses yang mudah

Tentu saja SaaS dalam penggunaannya memiliki sifat fleksibel, dalam artian dapat diakses secara mudah di mana saja dan kapan saja, bahkan oleh siapa saja yang memiliki alat dan koneksi internet (contohnya para HR dan karyawan). Dengan akses yang mudah, penggunaan SaaS secara tidak langsung memengaruhi tingkat produktivitas karyawan.

4. Analisis data yang lebih simple

Penggunaan SaaS di perusahaan memungkinkan pengguna untuk menganalisis data secara real-time dan juga menyeluruh. Analisis data yang lebih mudah dilakukan ini dapat digunakan untuk perencanaan strategi dan taktik perusahaan ke depannya. Contohnya, jika SaaSnya adalah HRIS, maka HR akan dengan mudah menganalisis data performa karyawan, sehingga HR bisa merencanakan kebijakan-kebijakan yang akan meningkatkan performa karyawan ke depannya.

Berikut tadi 4 alasan penggunaan SaaS. Di era Industri 4.0 ini, sudah menjadi sebuah keharusan bagi setiap perusahaan untuk menggunakan SaaS untuk meningkatkan produktivitas perusahaan yang lebih baik.

Baca Juga:   3 Alasan Pentingnya ERP
Scroll to Top