4 Hal yang Harus Diperhatikan HR

HR perusahaan memiliki peran sebagai jembatan antara perusahaan dengan karyawan. Banyak hal yang dapat dikaitkan dengan HR. Mulai dari proses penggajian karyawan hingga komunikasi antar karyawan dengan perusahaan. Berikut ini ada 4 hal yang harus diperhatikan HR:

1. Budaya perusahaan

Budaya perusahaan merupakan hasil dari visi dan misi perusahaan secara menyeluruh. Ada 2 poin penting yang harus HR perhatikan dalam hal ini. Pertama, perhatikan mengenai pola komunikasi internal perusahaan apakah ada hal-hal yang harus diperbaiki atau dipertahankan. Kedua, budaya perusahaan terkait erat dengan employee engagement atau tingkat keterikatan karyawan terhadap perusahaan. Apakah perusahaan masih kurang dalam hubungan baik dengan karyawan atau sebaliknya, itu yang menjadi tugas HR untuk memahaminya.

2. Tujuan perusahaan

HR harus memerhatikan tujuan perusahaan. Mengapa? Karena tujuan perusahaan akan menentukan langkah atau jalan apa yang akan diambil ke depannya, berkaitan dengan kebijakan-kebijakan yang akan dibuat oleh HR baik dalam jangka waktu pendek-menengah-panjang. Tujuan perusahaan harus selaras dengan visi dan misi perusahaan.

3. Pengembangan karyawan

Program pengembangan karyawan tidak boleh luput dari perhatian HR. HR bukan hanya mengurusi masalah adminitrasi karyawan tetapi juga harus mengurusi masalah program pengembangan karyawan, sehingga hard-skill dan soft-skill karyawan dapat berkembang dan bertujuan untuk memberikan keuntungan yang lebih bagi perusahaan.

4. Keberagaman karyawan

Sebagai HR harus memerhatikan keberagaman karyawan di perusahaannya. Di zaman modern seperti sekarang ini, seharusnya sudah tidak ada yang membeda-bedakan latar belakang suku, agama, ras dan golongan dari karyawan perusahaan, karena hal itu akan berdampak kepada produktivitas karyawan.

4 hal yang harus diperhatikan HR, 4 hal pula yang harus dimengerti oleh para karyawan. Sebagai satu kesatuan dalam perusahaan masing-masing pihak harus saling membantu demi tercapainya tujuan utama perusahaan.

Baca Juga:   Gaji Bebas Pajak saat Corona sampai September 2020
Scroll to Top