4 Program Orientasi Karyawan Baru

4 Program Orientasi Karyawan Baru

Dalam menyambut karyawan baru atau biasa kita sebut dengan New Hire, ada beberapa hal yang perlu setiap perusahaan lakukan. Untuk itulah dibutuhkan program orientasi karyawan baru guna mempersiapkan karyawan baru agar dapat beradaptasi dengan cepat. Simak 4 Program orientasi berikut ini agar perusahaan kamu tidak salah langkah.

1. Penyambutan Karyawan

Memberikan sambutan kepada karyawan baru perlu dilakukan disesuaikan dengan budaya dan peraturan perusahaan. Dengan adanya sambutan, karyawan akan lebih bersemangat dan merasa dihargai oleh perusahaan barunya. 

Penyambutan karyawan ini dapat dilakukan secara santai maupun formal sesuai dengan budaya yang diterapkan. Disamping berbagai cara yang ada, tujuan utama dari penyambutan karyawan ini adalah untuk memberikan first impression yang baik untuk perusahaan.

2. Office Tour dan Pengenalan Karyawan

Selain sambutan, mengajak karyawan baru untuk berkeliling melihat suasana kantor barunya adalah hal yang penting. Hal ini dilakukan agar karyawan baru tersebut dapat lebih familiar dengan lingkungan kantor dan staf dari departemen lain yang nantinya pun berhubungan dengan pekerjaan dirinya.

3. Pengenalan Peraturan & Agenda Perusahaan

Pengenalan pada peraturan dan tujuan perusahaan juga tidak kalah penting. Hal ini dilakukan agar karyawan tahu menahu cara mereka untuk bersikap dalam bekerja di lingkungan kerja baru mereka. Tak hanya itu, karyawan baru jadi juga tahu batasan – batasan mana yang perlu mereka lakukan, yang sesuai dengan kebijakan perusahaan. Hal ini perlu dikenalkan kepada karyawan baru, agar kedepannya mereka tidak salah langkah dalam mengambil keputusan saat bekerja. Selain itu, karyawan baru juga nantinya akan bekerja dengan visi dan misi yang sama dengan perusahaan.

4. Pengenalan Proses Administrasi

Proses Administrasi juga merupakan hal yang wajib karyawan baru ketahui. Mengapa? Karena proses administrasi ini akan berhubungan dengan sistem keuangan karyawan. Mulai dari penggajian, reimbursement hingga nantinya budgeting yang dibutuhkan setiap departemen. Untuk itu mengenalkan mengenai proses administrasi pada karyawan baru cukup krusia dan perlu menjadi program orientasi untuk karyawan baru. Agar nantinya karyawan baru tidak kebingungan dalam mengatur biaya – biaya klaim seperti transportasi atau kebutuhan kantor lainnya.

Baca Juga:   HR-Vaksin-Karyawan

Kesimpulan:

Proses orientasi karyawan baru sangat membantu  karyawan baru dalam mengenal keseluruhan organisasi. Sehingga nantinya karyawan baru tersebut tidak akan kesulitan dalam bekerja ataupun Jangan lupa manfaatkan Fitur On boarding pada modul employee dalam SunFish 7. Proses Onboarding karyawan baru menggunakan SunFish HR lebih mudah. Perusahaan dan departemen HRD dapat melihat progres pengisian employee survey, employee information checklist hingga training yang harus dilengkapi oleh karyawan baru. Hubungi kami sekarang juga. Klik disini!

Written & Edited by Lydia Dameria Simamora

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top