5 Cara Mengatasi Depresi di Tempat Kerja

Tempat kerja atau kantor menjadi tempat yang berpotensi besar menyebabkan orang depresi. Mulai dari gaji tidak sesuai, fasilitas kantor tidak mumpuni, jam atau waktu kerja tidak teratur, jobdes terlalu bercabang dan lingkungan kerja tidak bersahabat menjadi faktor-faktor seseorang menjadi depresi. Berikut ini ada 5 cara mengatasi depresi di tempat kerja:

1. Memahami Penyebab

Memahami penyebab dari depresi, menjadi cara awal untuk mengatasi depresi di tempat kerja. Penyebabnya bisa beragam, seperti yang sudah disebutkan di paragraf pertama. Bahkan ada juga penyebabnya dikarenakan karyawan merasa tidak berkembang jika tetap berada di perusahaan yang sama dalam waktu yang lama.

2. Sampaikan Penyebab

Sampaikan penyebab kepada orang-orang yang berkaitan. Sampaikan penyebab kepada HR, atasan/pimpinan, serta rekan kerja. Setelah memahami penyebab depresi, lalu bisa langsung menyampaikan hal tersebut kepada orang-orang di sekitar lingkungan kantor, tentu saja yang bisa dipercaya dan memiliki relasi yang dekat. Jika sudah disampaikan, maka hati dan pikiran akan lebih lega.

3. Buat Strategi

Buatlah strategi untuk menyelesaikan penyebab dari depresi. Misalnya, kalau perihal jobdes yang bercabang, bisa memulai membuat strategi berupa langkah-langkah dalam menyicil tugas secara satu per satu. Setelah membuat strategi, dapat diterapkan berupa taktik dalam menghadapi hal-hal yang berpotensi menjadi penyebab depresi selanjutnya. Salah satu strategi adalah mengelola stres dengan baik, seperti menenangkan diri dengan berjalan di dalam kantor selama 5 menit.

4. Temukan Rekan Curhat

Rekan curhat merupakan rekan yang dapat dipercaya untuk mendengarkan luapan cerita dari rekannya. Dalam mengatasi depresi di tempat kerja, tidak bisa hanya sendirian, melainkan membutuhkan rekan yang dapat diandalkan. Dengan menceritakan perihal depresi yang dialami kepada rekan curhat, maka karyawan dapat memperoleh saran atau masukkan dari rekannya.

Baca Juga:   “New Normal” untuk HR

5. Konsultasi

Setelah mencoba empat cara di atas, dapat mencoba cara kelima yaitu konsultasi dengan ahli. Psikolog termasuk ahli dalam konsultasi perihal depresi, cobalah datang untuk berkonsultasi, maka akan dilakukan terapi untuk mengubah pemikiran dan perilaku. Salah satu pilihan lainnya adalah psikiater, perbedaannya kalau psikiater akan memberikan obat-obatan yang akan meredakan depresi yang dialami karyawan.

Sudah dijelaskan tadi 5 cara mengatasi depresi di tempat kerja. Depresi atau tidaknya karyawan di tempat kerja, bergantung kepada perspektif atau persepsi dari karyawan itu sendiri, jika secara pikiran dan hati dapat mengelola stres maka depresi akan bisa dihindari, tetapi bukan berarti HR atau perusahaan menutup sebelah mata akan hal ini, karena jika ada karyawan yang mengalami depresi, maka akan berdampak kepada produktivitas karyawan lainnya, dan jika produktivitas menurun, maka tingkat keuntungan karyawan juga akan menurun. HR sebagai jembatan antara perusahaan dan karyawan harus aware akan hal tersebut, serta menyiapkan strategi terbaik agar tingkat karyawan yang mengalami depresi dapat menurun bahkan tidak ada. Baik pihak perusahaan maupun karyawan harus ‘saling’ dalam menanggapi depresi. Kesuksesan perusahaan ditentukan oleh kesejahteraan karyawan.

Masih banyak cara-cara lainnya untuk mengatasi depresi di tempat kerja.

Scroll to Top