5 Cara Mengukur Produktivitas Karyawan

Produktivitas karyawan menjadi faktor penting bagi perusahaan. Suksesnya sebuah perusahaan tidak lepas dari produktivitas karyawan yang tinggi. Untuk mengukur produktivitas ada berbagai cara. Berikut ini 5 cara mengukur produktivitas karyawan:

  1. Kuantitatif

Cara pertama untuk mengukur produktivitas karyawan adalah kuantitatif. Kuantitatif berarti menggunakan angka sebagai tolak ukur produktivitas karyawan. Untuk cara kuantitatif biasanya digunakan para manajer untuk melihat jumlah produksi atau distribusi yang ditetapkan di perusahaan mereka.

  1. Kualitatif

Untuk cara kedua mengukur produktivitas karyawan adalah kualitatif. Untuk cara ini cocok di bidang pekerjaan yang membutuhkan analisis dan perkiraan. Salah satu contoh faktor pengukurnya adalah jumlah komplain pelanggan dalam kurun waktu yang sudah ditentukan perusahaan bisa per minggu atau pun per bulan.

  1. Penjualan

Penjualan menjadi cara ketiga dan yang paling umum untuk mengukur produktivitas karyawan. Untuk penjualan sangat berkaitan erat dengan posisi pekerjaan di bidang sales. Biasanya cara ini digunakan dengan menggunakan faktor jumlah konsumen baru atau yang melakukan pembelian terhadap barang atau jasa dalam kurun waktu yang ditentukan perusahaan.

  1. Target

Target di sini berbeda dari target penjualan. Target sebagai cara mengukur produktivitas karyawan adalah ditentukan dari manajemen. Contohnya adalah meningkatkan brand awareness dari produk baru selama 1 bulan sebanyak 1 persen, atau memperluas cabang dari sebuah brand restoran sebanyak 100 cabang dalam 1 tahun, dll. Untuk cara mengukur dengan target dapat diterapkan di semua posisi.

  1. Profitabilitas

Cara mengukur produktivitas karyawan yang terakhir yaitu profitabilitas. Contohnya, untuk jumlah penjualan suatu produk di perusahaan, belum tentu perusahaan mengalami keuntungan atau profit. Jadi total atau jumlah penjualan harus dihitung dan dibandingkan dengan profit yang didapatkan untuk perusahaan.

Baca Juga:   JENIS PSIKOTES POPULER UNTUK MEREKRUT KANDIDAT TERBAIK!
Scroll to Top