5 Faktor yang Memengaruhi Produktivitas Karyawan

Produktivitas karyawan merupakan hal yang paling sering dibahas dan hal yang cukup umum dimengerti oleh banyak orang. Namun, tidak bisa dipungkiri memang produktivitas menjadi suatu hal yang sangat penting bagi kelangsungan berjalannya perusahaan. Berikut ini ada 5 faktor yang memengaruhi produktivitas karyawan:

1. Organisasi

Organisasi atau perusahaan menjadi faktor pertama dan terutama yang berkaitan dengan produktivitas karyawan. Dalam hal struktur organisasi dapat memengaruhi produktivitas, jika strukturnya terlalu rumit dan sistem hirarki atau birokrasinya terlalu kuat, maka akan mempersulit berjalannya proses kerja karyawan secara keseluruhan. Tidak hanya itu, citra dan reputasi dari sebuah organisasi juga dapat memengaruhi produktivitas, jika memiliki reputasi yang buruk maka karyawan akan menurun performa kinerjanya dibandingkan dengan perusahaan yang memiliki reputasi yang baik.

2. Finansial

Finansial di sini berbicara tentang kondisi keuangan karyawan secara keseluruhan, mulai dari gaji yang didapat sampai kepada fasilitas apa saja yang diberikan kepada karyawan. Jika gaji dan fasilitas dinilai sesuai dengan apa yang karyawan keluarkan, maka karyawan secara tidak langsung akan meningkat produktivitasnya secara terus-menerus, dalam hal ini adalah tugas HR untuk mengetahui kebutuhan karyawan dan menyeimbangkannya dengan apa yang perusahaan dapat berikan.

3. Lingkungan

Lingkungan kantor atau tempat karyawan bekerja menjadi faktor vital lainnya. Setiap hari karyawan akan dipertemukan dengan tugas-tugas yang menguras tenaga dan waktu, jika lingkungan di sekitarnya tidak membuat nyaman, maka karyawan akan malas untuk bekerja di tempat tersebut, lain halnya jika lingkungan di sekitarnya nyaman dan rekan-rekan kerjanya juga memberikan vibes yang positif, maka akan berdampak secara positif pula untuk produktivitas karyawan.

4. Waktu kerja

Waktu kerja atau jam kerja menjadi faktor keempat yang memengaruhi produktivitas karyawan. Jika waktu kerja yang diterapkan mulai dari Senin-Jumat lalu jamnya dimulai dari jam 08.00-16.00 maka produktivitas karyawan akan lebih baik dibandingkan dengan perusahaan yang menerapkan waktu kerja sampai hari Sabtu bahkan melebihi batas waktu kerja yang telah ditentukan oleh pemerintah.

Baca Juga:   Cara Tingkatkan Produktivitas Saat Bekerja

5. Jobdes

Jobdes yang terfokus kepada bidang pekerjaan karyawan akan memberikan dampak positif bagi produktivitas karyawan, lain halnya jika jobdes yang bercabang, tentunya produktivitas karyawan akan menurun, karena setiap karyawan memiliki minat dan bakatnya masing-masing yang sudah disesuaikan untuk posisi atau bidang pekerjaan tempat karyawan tersebut bekerja.

Scroll to Top