5 Hal Penjaga Motivasi Karyawan

Karyawan merupakan aset terpenting dari suatu perusahaan. Dalam kesehariannya, ada motivasi yang menggerakkan karyawan untuk bekerja. Sudah menjadi tugas HR untuk memahaminya. Berikut ini ada 5 hal penjaga motivasi karyawan:

     1. Atasan

Atasan baik secara tim maupun direktur utama wajib menjadi sosok yang dapat diandalkan. Atasan yang memiliki wibawa dan kebijaksanaan sebagai pemimpin akan menjaga motivasi karyawan tetap tinggi. Dalam hal pengambilan keputusan, pemenuhan janji, memecahkan masalah, sosok atasan akan menjadi penggerak motivasi karyawan. Jika atasan dapat memimpin secara baik, maka karyawan akan tenang dan ikut baik pula. Atasan juga harus mementingkan komunikasi terbuka kepada bawahannya, saling meluangkan waktu untuk menanyakan perihal tugas atau pun kehidupan bawahannya. Yang menjadi poin terakhir, sebagai atasan harus tahu pembagian porsi tugas kepada para karyawan, jangan sampai ada kesenjangan tugas di antara karyawan, harus ada pembagian tugas yang adil sesuai dengan posisi dan divisi karyawan tersebut.

     2. Budaya perusahaan

Buatlah budaya perusahaan yang nyaman bagi karyawan. Budaya perusahaan yang terutama harus bersifat terbuka bagi karyawan. Dalam perusahaan, lingkungan kerja yang terbuka akan berdampak bagi kepercayaan karyawan terhadap perusahaan. Lalu, budaya perusahaan yang menjaga motivasi karyawan adalah perusahaan yang menghargai karyawannya sesuai dengan prestasi mereka. Akhir-akhir ini banyak start-up yang memiliki budaya kerja yang fleksibel, membebaskan karyawan untuk bekerja dari mana saja dengan waktu kapan saja. Hal ini disambut dengan baik oleh karyawan terutama generasi milenial. Intinya, budaya perusahaan harus bisa memberikan inspirasi bagi karyawan, sehingga karyawan tetap termotivasi untuk bekerja.

     3. Fasilitas

Beberapa perusahaan sudah membuatkan fasilitas untuk karyawannya, seperti adanya kafetaria, ruang bermain dan taman. Hal ini dilakukan salah satunya untuk menjaga motivasi karyawan. Selain hal-hal itu, penggunaan perangkat teknologi atau gadget yang dipakai oleh karyawan juga menjadi salah satu fasilitas penting yang harus diperhatikan perusahaan. Bekalilah karyawan dengan laptop dan software yang menunjang pekerjaan karyawan tersebut, agar lebih efektif dan produktif.

Baca Juga:   Pentingnya Program CSR bagi Keberlangsungan Perusahaan

     4. Program pengembangan diri

Berikanlah karyawan program pengembangan diri yang tepat. Program pengembangan diri menjadi sarana belajar para karyawan, sekaligus meningkatkan skill karyawan yang akan membantunya dalam setiap pekerjaan. Karyawan pada umumnya memiliki keinginan untuk terus bertumbuh dan berkembang dalam pekerjaannya. Jadilah perusahaan yang berinvestasi kepada karyawannya, karena pada akhirnya karyawanlah yang bekerja bagi perusahaan dan akan membantu perusahaan dalam mencapai visi dan misinya.

     5. Gaji

Gaji karyawan menjadi hal dasar yang menjaga motivasi karyawan. Bukan hanya soal besaran gaji yang disesuaikan dengan posisi dan tanggung jawab pekerjaan karyawan, tetapi juga ketepatan waktu dalam membayar gaji karyawanlah yang menjadi faktor terpenting dalam poin gaji.

5 hal penjaga motivasi karyawan merupakan hal-hal dasar yang krusial dan perlu untuk dievaluasi setiap perusahaan apakah sudah menerapkannya atau ada yang perlu diperbaiki. Pada dasarnya, karyawan memiliki peranan besar dalam kesuksesan perusahaan. Perusahaan harus menghargai karyawannya dengan cara memerhatikan motivasi karyawan bekerja.

Scroll to Top