5 Keunggulan Fresh Graduate

Fresh Graduate (FG) dalam dunia kerja memiliki banyak pro kontra. Bagi para HR dan perusahaan, ada beberapa pertimbangan ketika mau merekrut para FG. Para FG dinilai memiliki kelebihan karena mereka masih bersemangat untuk terjun ke dunia kerja. Di sisi lain, mereka juga dianggap sebagai orang-orang yang suka berpindah-pindah tempat kerja sehingga perusahaan/HR sulit untuk mempertimbangkan apakah harus mencari FG atau tidak. Secara umum, ada 5 keunggulan yang dimiliki para FG:

1. Mudah Dibentuk

Para FG memiliki kecenderungan mudah dibentuk. Hal tersebut dikarenakan mereka baru pertama kali terjun ke dunia kerja dan belum memiliki pengalaman bekerja. Pengalaman yang mereka bisa andalkan hanya berupa teori yang sudah mereka pelajari dalam pendidikan. Namun, hal tersebut menjadi salah satu keuntungan perusahaan. Kenapa? Karena dengan begitu, para FG masih mudah untuk dibentuk secara soft-skill dan juga dibentuk untuk sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Ketika tujuan perusahaan dapat menjadi tujuan karyawan maka produktivitas akan meningkat.

2. Loyalitas

Mungkin sebagian orang akan bertanya-tanya, “Apanya yang loyalitas? Bukannya malah suka pindah-pindah ya?” Jadi begini, tingkat loyalitas di sini adalah loyalitas untuk tempat kerja pertama kali. Para FG akan mengerahkan seluruh tenaganya untuk menghasilkan hasil yang maksimal di perusahaan pertama di mana mereka ditempatkan. Mereka akan secara sungguh bekerja dengan tingkat produktivitas yang tinggi karena bagi mereka, perusahaan pertama merupakan sesuatu yang harus dibanggakan dan dikerjakan dengan sepenuh hati. Perusahaan pertama juga sangat menentukan di dalam CV mereka. Bisa dikatakan loyalitas untuk batu loncatan ke perusahaan selanjutnya.

3. Kemauan Belajar yang Tinggi

Karena baru lulus, para FG memiliki kemauan belajar yang masih tinggi. Mereka akan bersemangat ketika terjun dalam dunia kerja. Rasa penasaran yang tinggi membuat mereka tidak takut untuk mencoba hal yang baru dan juga bertanya. Mereka tidak akan takut salah karena masih dalam proses belajar untuk menyesuaikan diri mereka dalam dunia kerja. Perusahaan, khususnya HR harus menyediakan training baik online maupun offline untuk memenuhi keinginan belajar para FG dan meningkatkan skill mereka sehingga berdampak pada tingkat produktivitas kerja.

Baca Juga:   Perbedaan HRD dan Personalia

4. Berani Mengambil Risiko

Risiko merupakan hal yang ditakuti oleh beberapa karyawan. Namun, untuk para FG tentu saja risiko dianggap sebagai tantangan dalam bekerja. Dalam mengerjakan setiap tugas dari perusahaan, para FG memiliki ambisi yang kuat dan juga nekat. Mereka akan berusaha sekuat mungkin dalam menyelesaikan tugas, mereka bertujuan untuk mendapatkan prestasi dalam perusahaan. Kalau pun dalam mengemban tugasnya, mereka mengalami kegagalan, hal tersebut akan dijadikan pembelajaran bagi mereka untuk tugas-tugas selanjutnya.

5. Paham Teknologi

Tentunya para FG zaman sekarang paham teknologi. Setiap aspek kehidupan mereka sudah mengandalkan teknologi terutama gawai. Dunia digital / media sosial menjadi ranah mereka. Dengan adanya teknologi, mereka bisa mengumpulkan informasi untuk menunjang pekerjaan mereka, serta teknologi dijadikan sebagai ranah komunikasi untuk alur kerja dengan karyawan lainnya. Kunci dari para FG dalam memahami teknologi adalah rasa penasaran dan kemampuan bahasa asing.

Nah, sudah tahu kan 5 keunggulan fresh graduate dalam perusahaan? Setiap keunggulan, dapat dimanfaatkan oleh para HR untuk meningkatkan produktivitas kerja para karyawan lainnya, sehingga visi dan misi atau tujuan perusahaan lebih mudah untuk dicapai.

Scroll to Top