6 Fakta Menarik Pekerja Shift

Pekerja shift merupakan pekerja yang bekerja sesuai dengan waktu yang ditentukan. Bisa shift pagi atau shift malam. Ada juga beberapa perusahaan yang menerapkan jam mulai bekerja di siang hari atau sore hari. Berikut ini ada 6 fakta menarik pekerja shift:

1. Industri

Industri yang paling banyak memperkerjakan pekerja shift adalah manufaktur sebesar 83%, disusul di posisi kedua dengan customer service sebesar 59%. Lalu, ada transportasi dan distribusi sebesar 51%. Selanjutnya, teknologi informasi 49%, fasilitas 49%, cleaning service 27% (sama dengan perusahaan mesin), perusahaan reparasi 13%, manajemen sebesar 8%.

2. Jam tidur

Sebesar 44% pekerja shift malam memiliki jam tidur yang sangat pendek. Secara rata-rata, jam tidur para pekerja shift malam hanya kurang dari 6 jam. Tidak hanya secara kuantitas, tetapi juga kualitas tidur yang kurang baik, akibat kondisi tubuh yang menyesuaikan dengan kerja shift malam.

3. Kesehatan

Sebanyak 61% dari pekerja shift malam mengalami insomnia, sebesar 30% pekerja shift malam juga mengalami rasa kantuk yang tinggi pada saat siang hari. Untuk pekerja shift malam akan rentan mengalami depresi, hal ini dikarenakan waktu yang sedikit bahkan hampir tidak ada untuk bersosialisasi dengan para sahabat maupun keluarga. Untuk para pekerja shift memiliki kemungkinan lebih tinggi 23% terkena serangan jantung, 5% terkena struk, dan 24% terkena penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskular. Selain itu, pekerja shift akan mengalami kelelahan kronis, radang usus, dan hipertensi. Khusus untuk para perempuan yang bekerja shift malam, kemungkinan bisa mengalami gangguan pada sistem hormonal dan reproduksi.

4. Otak

Para pekerja shift memiliki kemungkinan tinggi untuk mengalami kemunduran performa otak. Para pekerja shift yang telah bekerja minimal 1 dekade, memiliki usia otak lebih tua sebesar 6 tahun. Butuh waktu sebanyak 5 tahun dalam pemulihan performa otak bagi para pekerja shift yang baru berhenti.

Baca Juga:   3 Tips Media Sosial dalam Rekrutmen

5. Gender

Laki-laki memiliki kemampuan beradaptasi lebih baik untuk bekerja shift dibandingkan dengan perempuan.

6. Kepribadian

Untuk para pekerja dengan kepribadian ekstrovert memiliki kendali lebih baik untuk bekerja shift dibandingkan dengan para pekerja dengan kepribadian introvert.

Dalam kesehariannya, para pekerja shift harus lebih berusaha untuk menjaga pola makan yang sehat, melakukan olahraga rutin, memiliki jam tidur yang lebih dan berkualitas, serta meminum teh atau kopi karena memiliki kandungan kafein untuk menjaga kesadaran selama bekerja shift.

Scroll to Top