6 Lulusan Incaran HR

Dalam dunia kerja, HR memiliki sistem tersendiri dalam merekrut kandidat karyawan bagi perusahaan mereka. Namun, ada beberapa hal yang secara garis besar memiliki kemiripan dari rata-rata perusahaan, yaitu lulusan-lulusan yang diincar oleh HR. Berikut ini ada 7 lulusan incaran HR:

1.  Hukum

Alasan mengapa lulusan hukum diincar oleh HR adalah karena keterkaitannya dengan peraturan perundang-undangan yang menyangkut perusahaan. Contohnya saja seperti Undang-undang Ketenagakerjaan dan Omnibus Law yang harus dipahami masing-masing perusahaan. Hukum atau aturan-aturan yang mengikat perusahaan biasanya akan dihadapi oleh divisi HR dan Legal.

2. Marketing

Lulusan berikutnya yang diincar oleh HR adalah lulusan marketing. Mengapa? Alasannya sederhana, yaitu berkaitan dengan penjualan dan pemasaran produk atau jasa perusahaan. Biasanya orang dengan lulusan marketing akan ditaruh di bagian sales atau marketing. Lulusan marketing dipercaya dapat meningkatkan penjualan dan pemasaran produk atau jasa perusahaan dengan cara yang strategis sampai taktis.

3. Akuntansi

Kandidat dengan lulusan akuntansi dibutuhkan karena berkaitan dengan keuangan perusahaan. Mulai dari uang yang masuk, keluar hingga gaji karyawan mereka mengerti. Akuntansi juga akan berkaitan dengan divisi finance. Segala hal yang berkaitan dengan keuangan perusahaan tentu saja penting dan menjadi prioritas utama perusahaan, termasuk HR.

4. Psikologi

Lulusan psikologi tanpa perlu ditanya lagi, pasti dibutuhkan perusahaan. Lulusan psikologi akan dibutuhkan untuk divisi HR. Untuk mengatur banyaknya karyawan, dibutuhkan lulusan yang memahami tentang manusia dan kejiwaannya, apa saja yang dibutuhkan, hal-hal yang akan mengganggu, dsb.

5. IT

Lulusan IT di era Industri 4.0 ini sangatlah dibutuhkan perusahaan. Hal ini berkaitan erat dengan teknologi informasi yang berkembang pesat. Perusahaan yang tidak memiliki lulusan IT akan tertinggal. Apalagi, setelah tahun 2020, adanya pandemi COVID-19 memaksa perusahaan melakukan digitalisasi untuk proses bekerja (WFH) yang dapat ditunjang dengan penggunaan teknologi komunikasi (online meeting, absen online, dll.)

6. DKV

Lulusan DKV dibutuhkan karena akan menunjang kegiatan pemasaran perusahaan. Setiap materi visual yang dihasilkan perusahaan akan bergantung pada lulusan DKV karena mereka yang akan membuat design-nya.

Nah, sudah tahu kan 6 lulusan incaran HR? Apa pun lulusannya sebenarnya kembali lagi ke masing-masing HR apakah bisa merekrut karyawan yang berkualitas, karena kualitas karyawan tidak hanya ditentukan oleh jurusan yang diambil, tetapi juga soft skill yang dimiliki mereka.

Baca Juga:   APA SAJA PERAN HR PADA PERUSAHAAN STARTUP?
Scroll to Top