6 Macam Tipe Pemimpin. Kamu masuk tipe yang mana?

Dalam suatu organisasi, dibutuhkan seorang pemimpin yang dapat memimpin organisasi tersebut. Tak hanya itu, setiap macam individu juga pada umumnya harus dapat memimpin diri sendiri dalam melaksanakan setiap pekerjaan yang dilakukan. 

Menurut Daniel Goleman, pada umumnya ada 6 tipe pemimpin yaitu: coercive, authoritative, affiliative, democratic, coaching, dan pacesetting.

Bagaimana 6 tipe pemimpin tersebut berbeda satu sama lain? Mari kita lihat perbedaan dari masing – masing tipe ini.

1. Coercive

Tipe pemimpin koersif terkadang identik dengan pendekatan top-down ala militer; apapun yang diminta oleh atasan harus langsung dikerjakan tanpa pertanyaan. Biasanya, tipe pemimpin seperti ini akan meninggalkan impresi yang kurang baik dan menurunkan motivasi di antara anggota tim.

Mungkin saja performa tim akan meningkat dalam jangka pendek, namun resiko jangka panjangnya lebih besar. Jadi, kalau kamu memimpin suatu tim atau project.

2. Authoritative

Tipe ini adalah tipe yang Visioner dan antusias. Mereka seringkali mendorong timnya melalui ucapan: “Mari bersama-sama mencapai tujuan.” Faktanya, beberapa praktisi pengembangan organisasi menamakan pendekatan pemimpin ini ‘tegas, tapi adil’.

Tipe pemimpin authoritative membuat tujuan dan target yang ingin dicapai bersama-sama, namun tidak serta merta mendikte anggota timnya mengenai langkah-langkah konkrit apa yang harus dikerjakan. Inisiatif anggota tim sangat ditekankan. Tipe pemimpin ini juga memiliki kemampuan untuk berempati yang baik.

3. Affiliative

Tipe pemimpin affiliative percaya bahwa, “People come first.” Dalam kata lain, tipe pemimpin ini tergolong people-oriented. Mereka memberikan penekanan yang tinggi terhadap hubungan pribadi dan harmoni kepada tim yang mereka pimpin.

Tipe pemimpin ini memiliki kesadaran yang baik terhadap kebutuhan emosional para anggotanya. Selain itu, mereka juga selalu berusaha semaksimal mungkin untuk menyelesaikan segala bentuk konflik yang mungkin muncul dalam timnya. Mereka empatik, namun tetap profesional.

Baca Juga:   Metode Key Performances Indicator (KPI)

4. Democratic

Pemimpin yang demokratis memiliki kemampuan mendengar yang baik dan umumnya hanya akan memberikan instruksi apabila ia merasa bahwa pendapat setiap anggota timnya sudah dilibatkan dalam pembuatan keputusan.

Gaya kepemimpinan demokratis sangat cocok ketika kamu dan tim kamu sedang mengeksplorasi sebuah ide atau konsep bersama-sama. Biasanya, supaya ide tersebut sukses dalam eksekusi, setiap anggota tim harus dilibatkan dalam seluruh proses dari brainstorming hingga monitoring.

Selain itu, tipe pemimpin seperti ini juga dibutuhkan ketika ada serangkaian tantangan kompleks yang harus dihadapi perusahaan dan kamu dan tim diminta untuk memetakan permasalahan yang ada. Walaupun begitu, tipe pemimpin ini lebih cocok apabila tim terdiri dari orang-orang yang termotivasi, kompeten, dan antusias karena kamu juga harus memastikan bahwa kamu mendapatkan input yang variatif dan berkualitas tinggi.

5. Coaching

Tipe coaching sangat empatik dan positif, cocok bagi karyawan yang ingin mengembangkan karir mereka di masa depan. Tidak jarang, tipe pemimpin ini akan mengajak kamu berbincang-bincang tentang tujuan hidup kamu di masa depan dan bagaimana perusahaan dan pekerjaan kamu dapat memfasilitasi hal tersebut.

6. Pacesetting

Tipe pemimpin ini sangat peduli pada hasil dan pencapaian dari suatu pekerjaan. Ia juga seseorang yang sangat disiplin dengan waktu dan jarang memiliki toleransi bagi anggota tim yang performanya relatif buruk. Tipe pemimpin pacesetting selalu mengharapkan yang terbaik dari setiap anggota timnya.

Tipe pemimpin pacesetting ini suka melakukan beberapa hal sendiri, ketimbang mendelegasikannya kepada anggota tim, sebagai teladan bagi anggota lainnya. Namun, tipe ini mungkin menghasilkan dampak buruk bagi karyawan karena tidak semua karyawan ‘tahan’ dan ‘mampu’ menghadapi kecepatan dan ekspektasi pemimpin pacesetting.

Sumber:

Baca Juga:   3 Kunci Fresh Graduate Era New Normal

Boyatzis, Richard, Goleman, Daniel, and McKee, Annie. 2013. “Primal Leadership: Unleashing the Power of Emotional Intelligence, 53-88”. Boston, MA: Harvard Business Review Press.

Waruwu, Nito. 2022.“Tipe Pemimpin Seperti Apakah Kamu? Simak 6 Tipe Pemimpin Ini”.Link:  https://glints.com/id/lowongan/berbagai-tipe-pemimpin/#.YntUp-hBw2w

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top