6 Program Kerja HR

Di awal tahun, penting bagi semua divisi perusahaan untuk merancang program kerja. Begitu juga dengan HR yang berperan sebagai jembatan antara karyawan dengan perusahaan. Berikut ini ada 6 program kerja HR:

  1. Pengembangan karyawan

Program kerja HR yang pertama adalah pengembangan karyawan. HR harus bisa mengembangkan potensi maksimal karyawan untuk berdampak pada perkembangan perusahaan secara keseluruhan. Pengembangan karyawan tidak terlepas dari pelatihan-pelatihan yang diadakan HR baik softskill maupun hardskill.

  1. Rekrutmen

Rekrutmen menjadi program kerja HR yang wajib dilakukan dari dulu. HR harus menyeleksi para kandidat karyawan yang ada. Dalam proses rekrutmen, HR akan mengadakan psikotest dan interview yang sudah dirancang sedemikian rupa dengan kebutuhan perusahaan terhadap posisi atau jabatan tertentu.

  1. Reward & punishment

Reward & punishment yang diberikan kepada para karyawan haruslah adil dan seimbang. Hal ini dilakukan untuk memotivasi para karyawan untuk memberikan kualitas kerja yang sepenuhnya dan berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan perusahaan. Hal ini menjadi program kerja HR yang seringkali disepelekan perusahaan.

  1. Payroll

Payroll merupakan faktor utama dalam kesejahteraan karyawan. Tidak hanya gaji, tetapi juga bonus-bonus lainnya yang berhak didapatkan karyawan, harus diberi perhatian lebih oleh perusahaan dan HR, sehingga produktivitas dari karyawan juga akan meningkat seiring dengan kejelasan regulasi dari payroll itu sendiri.

  1. Jenjang karir

Jenjang karir bagi karyawan harus jelas. Setiap karyawan yang mencapai target yang sudah ditentukan, maka akan naik posisi atau jabatan. Hal ini harus menjadi program kerja HR yang juga tidak kalah penting dengan program kerja lainnya. Jenjang karir menjadi salah satu alasan karyawan untuk bekerja secara lebih optimal.

  1. Pemersatu karyawan

Program kerja HR yang terakhir adalah pemersatu karyawan. Program pemersatu karyawan bisa berbentuk outbound atau gathering. Program pemersatu karyawan merupakan cara bagaimana HR untuk menciptakan lingkungan kantor menjadi seperti keluarga bagi para karyawan dari berbagai divisi.

Baca Juga:   Perbedaan HRD dan Personalia

6 program kerja HR tersebut dapat dengan mudah dilakukan jika didukung oleh HRIS yang mumpuni dan sudah terpercaya oleh banyak perusahaan, seperti SunFish HR!

Scroll to Top