7 Istilah HR

HR dalam perusahaan merupakan bagian atau divisi yang sangat penting. HR adalah penyeimbang antara perusahaan dengan karyawan. Dalam perannya, HR kerap kali memiliki berbagai macam istilah tersendiri. Berikut ini akan dibahas 7 istilah HR dalam perusahaan:

1. Job turf

Job turf merupakan istilah dalam dunia HR bagi karyawan yang memiliki keterampilan atau kemampuan khusus dalam bidang pekerjaannya, yang tidak dimiliki oleh karyawan lainnya. Hal tersebut menjadikan si karyawan memiliki nilai yang lebih baik dibandingkan dengan karyawan lainnnya.

2. Re-architect

Re-architect merupakan istilah HR dalam dunia kerja, di mana manajemen perusahaan memanfaatkan kemampuan dan keterampilan dari karyawan untuk membantu proses kerja perusahaan serta dengan bersamaan meningkatkan keterampilan karyawan tersebut.

3. Soft-skill

Soft-skill merupakan keterampilan non-teknis karyawan yang terlihat dari caranya bekerja selama di lingkungan kantor. Sangat banyak soft-skill yang dilihat HR untuk kandidat karyawan, mulai dari jiwa kepemimpinan, kemampuan untuk bekerja sama dalam tim, kedisiplinan waktu, dan masih banyak lainnya.

4. Zero-barrier office

Zero-barrier office adalah istilah HR untuk menggambarkan perusahaan yang memiliki sifat ‘keterbukaan’ mulai dari konsep open space office, sampai kepada sifat komunikasi internal perusahaan, di mana seluruh karyawan baik staf sampai kepada C-level tidak segan-segan untuk berkomunikasi dan berinteraksi satu sama lain secara terbuka.

5. High-road strategy

High-road strategy adalah strategi atau cara manajemen perusahaan dalam memberikan kesejahteraan bagi karyawannya. Mulai dari gaji yang sesuai dengan pekerjaan, fasilitas yang menjawab kebutuhan karyawan, jam atau waktu kerja yang fleksibel, sampai kepada pelatihan-pelatihan yang diberikan pada para karyawan.

6. Design thinking

Design thinking merupakan cara seseorang berpikir dalam hal pekerjaan, mulai dari cara dia menganalisa persoalan yang dihadapi, memikirkan strategi dan taktik untuk mengatasi persoalan tersebut, sampai kepada pengaplikasian pemikirannya.

Baca Juga:   New Normal Indonesia: Manfaat Penggunaan Sistem HRIS pada Perusahaan

7. Open hiring

Open hiring adalah proses perekrutan yang dilakukan secara terbuka. Biasanya open hiring paling sering terlihat melalui job fair yang ada di kampus, jadi calon kandidat karyawan mencari pekerjaan dengan cara memberikan CVnya ke booth/stand yang ada, kemudian akan langsung dilakukan proses wawancara.

Nah, sudah tahu kan 7 istilah HR dalam dunia kerja. Masih banyak lagi istilah-istilah HR di dunia kerja yang belum dibahas di artikel kali ini. Yuk, cek info-info seputar HR lainnya di blog DataOn. DataOn Real Business Real Solutions!

Scroll to Top