Proses dalam Rekrutmen Karyawan

Kunci utama di dalam proses rekrutmen ataupun penerimaan karyawan adalah menciptakan sumber daya manusia profesional. Hal tersebut terdapat pada proses rekrutmen, seleksi, pelatihan dan pengembangan calon pegawai. Karena tidak mudah dalam menemukan karyawan yang profesional dan berkualifikasi tinggi. Untuk itu perusahaan terutama tim HR perlu melakukan penyaringan terhadap calon karyawan baru.  Mari simak apa saja yang diperlukan dalam melakukan proses rekrutmen karyawan baru .

1. Menganalisis kebutuhan posisi dan posisi

Langkah pertama dalam proses rekrutmen, Tim HR perlu menentukan terlebih dahulu kebutuhan rekrutmen karyawan baru. Jika karyawan lama tidak dapat melakukan pekerjaan secara maksimal, segera carikan bantuan karena beban kerja yang meningkat akan menurunkan kinerja. Alasan lain yang mungkin terjadi adalah pembukaan departemen baru atau transfer posisi.

2. Merencanakan proses rekrutmen

Proses rekrutmen selanjutnya adalah perusahaan perlu menyiapkan rencana untuk posisi yang dibutuhkan. Tuliskan deskripsi pekerjaan, kualifikasi dan pengalaman yang dibutuhkan. Tim HR perlu menentukan di mana menempatkan iklan pekerjaan di media cetak atau online. Selain itu, jangan lupa untuk mengidentifikasi penanggung jawab pekerjaan dari tim HR untuk memantau proses, mengklasifikasikan pelamar, melakukan wawancara, dan terakhir memberikan kesempatan kerja.

3. Pasang lowongan

Tim HR dapat mempublikasikan pengumuman internal tentang lowongan kerja baru untuk mendapatkan lowongan kerja dari sumber daya manusia yang tersedia. Kemudian memilih media yang menerbitkan iklan lowongan kerja, seperti media cetak atau online yang memiliki pangsa pasar pembaca yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 

4. Memproses lamaran kerja dan melakukan wawancara

Dengan iklan pekerjaan yang efektif, lamaran pekerjaan akan segera tiba. Sebelumnya, pastikan tim HR sudah menyiapkan kriteria seleksi untuk membantu proses eliminasi jika pelamar terlalu banyak. Untuk menyederhanakan proses, Anda dapat menghubungi pelamar yang memenuhi syarat dan memenuhi syarat. Anda dapat melakukan telepon atau mengirimkan pesan teks untuk memberitahu mereka tentang jadwal wawancara..

Baca Juga:   5 Hal Penjaga Motivasi Karyawan

5. Pilih kandidat yang cocok dan Offering Letter

Jika semua alur di atas sudah selesai, tim HR akan siap untuk menyeleksi kandidat yang sesuai kriteria perusahaan. Setelah mendapatkan kandidat yang cocok, segera siapkan penawaran dan kontrak kerja sesuai dengan jabatan. Tetap persiapkan surat pemberitahuan ucapan terima kasih kepada kandidat yang belum diterima. Langkah ekstra ini perlu dilakukan untuk menjadikan citra perusahaan lebih baik di mata para pencari kerja. 

Kesimpulan

Melakukan Proses Rekrutmen memanglah tidak mudah. Tim HR suatu perusahaan perlu dengan teliti dan cermat dalam memilih kandidat yang sesui dengan kriteria perusahaan. Efisiensi dan ketepatan waktu juga menjadi faktor yang perlu dipertimbangkan dalam proses rekrutmen karena biaya yang dikeluarkan dalam proses ini juga tidaklah sedikit. Proses rekrutmen dapat dilakukan dengan lebih cerma dan efisien, jika Tim HR dalam perusahaan juga bersedia berinvestasi pada teknologi atau sofwtare HRIS, seperti SunFish HR.

Klik link berikut untuk mengetahui Lebih lanjut mengenai

Written by: Lydia Dameria Simamora

Scroll to Top