Apa itu ISO 9001 dan ISO/IEC 27001?

ISO 9001 adalah standar yang berlaku secara internasional di dalam bidang sistem manajemen mutu. Suatu lembaga atau perusahaan yang sudah mendapatkan akreditasi/pengakukan dari pihak lain yang independen terhadap ISO 9001, maka sudah dapat dikatakan memenuhi persyaratan standar internasional di dalam hal sistem manajemen mutu baik produk maupun jasa yang dihasilkannya. Ada berbagai indikator yang dinilai, seperti memenuhi persyaratan kualitas pelanggan, sesuai dengan peraturan, sesuai dengan tujuan lembaga atau perusahaan serta sasaran mutu. Untuk versi terbaru dari ISO 9001 sudah dikeluarkan pada tahun 2015.

ISO/IEC 27001 merupakan suatu standar sistem manajemen keamanan informasi yang diterbitkan oleh ISO dan IEC. Standar yang berasal dari BS 7799-2 ini ditujukan untuk digunakan bersama dengan ISO/IEC 27002, yang memberikan daftar tujuan pengendalian keamanan dan merekomendasikan suatu rangkaian pengendalian keamanan spesifik. Untuk versi terbaru dari ISO/IEC 27001 sudah dikeluarkan pada tahun 2013.

Baca juga: 4 Cara Membuat Strategi HR

Lalu, apakah ISO 9001 dan ISO/IEC 27001 itu penting untuk suatu lembaga atau perusahaan? Jawabannya adalah sangat penting. Mengapa? Karena ISO 9001 dan ISO/IEC 27001 sudah diakui secara internasional dan untuk sertifikasinya dipercayakan kepada badan atau lembaga audit pihak ketiga yang terpercaya, seperti Lloyd’s Register Quality Assurance (Organisasi pelayanan teknis dan bisnis sejak tahun 1760 yang bertujuan untuk meningkatkan keamanan hidup, properti dan lingkungan dengan membantu para kliennya termasuk proses validasi, sertifikasi dan akreditasi) dan British Standard Institution (Institusi standar nasional negara Inggris yang juga menyediakan sertifikasi dan layanan standar terkait dalam bisnis). Pada ISO 9001 lebih menekankan manajemen kualitas, sedangkan ISO/IEC 27001 lebih menekankan kepada manajemen keamanan informasi.

Perusahaan seperti DataOn dengan salah satu lini produknya yaitu SunFish HR yang menjadi produk HRIS dengan standar internasional dan sudah didirikan di Indonesia sejak tahun 1999, pastinya sangat memperhatikan hal-hal standar yang digunakan pada produknya maupun proses jasa di dalam penerapan produk tersebut. Apalagi dalam aplikasi HRIS, yang sangat berkaitan adalah data-data atau informasi dari masing-masing perusahaan klien yang sangat banyak dan bersifat privasi. Jadi, banyak dari klien yang membutuhkan bukti bahwa memang standar manajemen keamanan informasi SunFish HR sudah termasuk dalam kategori aman. Maka dari itu, SunFish HR sudah bersertifikasi ISO 9001 : 2015 Quality Management yang diaudit oleh Llyod’s Register Quality Assurance dan ISO / IEC 27001 : 2013 Information Security Management yang diaudit oleh BSI (British Standard Institution). Selain daripada itu, SunFish HR dan DataOn berkomitmen untuk menjaga kualitas produk serta meningkatkan kualitas pelayanan jasa dalam maintenance produk yang telah digunakan oleh para klien.

Baca juga: Tren Sistem Rekrutmen 4.0 Jaman Now, Pemanfaatan Digital Hadapi Industri 4.0

wfh-free-3bulan

Baca Juga:   Kegiatan HR di Perusahaan
Scroll to Top