APA SAJA PERAN HR PADA PERUSAHAAN STARTUP?

Banyak yang berpikir divisi Human Resource Development (HRD) hanya dibutuhkan oleh perusahaan-berskala besar. Sebenarnya pemikiran tersebut tidak tepat. Jika dilihat dari tren saat ini banyaknya perusahaan rintisan (startup) yang menjamur membuat peran HRD menjadi sangat penting demi menunjang perkembangan bisnis.

HRD pada perusahaan startup memiliki peran yang besar. Iklim fleksibel yang dimiliki startup harus dibarengi dengan standar aturan yang jelas, sehingga meski SDM bekerja dengan suasana santai, kinerjanya bisa dipertanggungjawabkan pada target yang dimiliki perusahaan. Lalu apa saja peran HR pada perusahaan startup?

     1. Merekrut dan meningkatkan potensi karyawan

Perekrutan karyawan merupakan langkah awal dari proses kerja bagi HRD pada perusahaan startup. Mencari kandidat-kandidat kompeten di bidangnya dan yang juga dapat bergerak dengan lincah sehingga bisa berlari bersama guna mencapai target yang ditetapkan. HRD juga perlu mengadakan pengembangan kompetensi karyawan. Hal ini dilakukan agar perusahaan dapat memastikan bahwa kandidat yang direkrut memiliki kemampuan yang memadai untuk menjalankan pekerjaannya. Pada tahap ini HRD juga memiliki fungsi untuk memfasilitasi lingkungan kerja yang mampu mengembangkan kompetensi dan kinerja karyawannya demi kesuksesan perusahaan.

     2. Membantu membangun model bisnis

Ketika bekerja di perusahaan startup, karyawan akan dituntut untuk lincah dan multitasking. Akan tetapi, setelah perusahaan semakin lama semakin berkembang, perlu adanya manajemen sistem di dalamnya, seperti terciptanya Struktur Organisasi dan Job Description. Peran HRD di sini adalah sebagai fasilitator pada karyawan yang terbiasa bergerak lincah dan multitasking, kemudian mengalami transisi perubahan dalam suatu sistem manajemen.

     3. Menciptakan budaya kerja yang sehat seiring pertumbuhan bisnis

Menurut Peoplehum, perusahaan wajib memilih karyawan yang akan berperan sebagai konsutan budaya. Tim manajemen SDM juga perlu membantu dalam menciptakan suasana kerja yang menyenangkan. Selain itu dalam perkembangan bisnis membutuhkan skalabilitas HR. Dalam mekanisme skalabilitas, transisi dan waktu adalah poin kunci. Dengan demikian, karyawan akan kondusif dan dapat terus mengembangkan perusahaan.

Baca Juga:   3 PERSONAL KARAKTER, MANA YANG KAMU MILIKI?

Penggunaan sistem HRIS pada perusahaan rintisan tentu dapat membantu tugas manajemen HRD khususnya pada tugas-tugas administratif. SunFish HR dapat menjadi solusi terpercaya HRIS di perusahaan rintisan karena sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun dan telah dipercaya oleh berbagai industri perusahaan dari berbagai skala ukuran perusahaan.

Itu dia penjelasan 3 tugas penting HRD pada perusahaan startup. Dengan memiliki aspek manajemen ini, perusahaan startup akan memiliki karyawan yang lebih kompeten serta budaya lingkungan kerja yang lebih sehat.

Scroll to Top