Bagaimana HRIS Meningkatkan SDM?

HRIS dapat berdampak langsung kepada SDM. Lalu, bagaimana caranya agar HRIS dapat meningkatkan SDM suatu perusahaan? Berikut ini ada 5 cara untuk mewujudkan hal tersebut:

1. Dukungan Tim Eksekutif

Untuk memulai proses HRIS dalam meningkatkan SDM di suatu perusahaan, pertama-tama harus dimulai dari atas terlebih dahulu. Tidak akan ada penerapan HRIS tanpa adanya dukungan dari para eksekutif untuk menyetujui hal tersebut. Mulailah dengan mengadakan survei mengenai perusahaan-perusahaan yang belum maupun sudah menerapkan HRIS. Lalu, bandingkan hasilnya dan tunjukkan kepada para eksekutif. Hal tersebut menjadi bahan pertimbangan untuk menerapkan HRIS di perusahaan.

2. Visi Perusahaan dengan HRIS

Setelah mendapatkan dukungan dari tim eksekutif, langkah selanjutnya adalah menjelaskan perihal HRIS yang sejalan dengan visi perusahaan bahkan bisa meningkatkan target yang sebelumnya tidak terpikirkan oleh perusahaan. Gunakan data-data internal yang ada, lalu disempurnakan dengan adanya HRIS, maka akan menghasilkan nilai-nilai baik yang tetap dalam visi perusahaan.

3. Manusia + HRIS

Perlu ditekankan bahwa HRIS tidak akan menggantikan peran manusia dalam sebuah perusahaan. HRIS tetap membutuhkan manusia untuk mengendalikannya dan memantaunya. Manusia memasukkan data ke HRIS, lalu memantaunya, untuk menghindari adanya kesalahan teknis dari sistem HRIS tersebut. HR akan terus berusaha memantau setiap proses yang terjadi menggunakan HRIS.

4. Singkirkan Proses Lama

Singkirkan proses-proses lama yang digunakan sebelum adanya HRIS. Buatlah perencanaan baru untuk HRIS. Untuk menerapkan HRIS dan membiasakannya pada suatu perusahaan, dibutuhkan konsistensi dan partisipasi dari seluruh karyawan perusahaan tersebut.

5. Mempersiapkan Karyawan

Mempersiapkan karyawan dengan mengadakan pelatihan-pelatihan untuk membiasakan diri mereka dengan penggunaan HRIS. Hal ini bukan hanya untuk mereka, tetapi juga untuk HR agar menunjukkan komitmen kepada perusahaan bahwa dengan adanya penerapan HRIS, dapat meningkatkan SDM secara kualitas. Dengan mempersiapkan karyawan, maka ke depannya karyawan akan terbiasa dan memahami hal-hal apa saja yang dapat dilakukan dengan penerapan HRIS.

Baca Juga:   LINGKUNGAN KERJA MEMPENGARUHI KINERJA KARYAWAN? YUK, CARI TAHU FAKTANYA DI SINI!
Scroll to Top