Bingung Cara Memilih HRIS yang Tepat? Ini Dia Tipsnya

Penggunaan software saat masa COVID-19 penting digunakan untuk membantu kinerja perusahaan lebih efektif dan efisien. Salah satu software yang perlu digunakan untuk meningkatkan manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) adalah Human Resource Information System (HRIS).

Memilih HRIS yang sesuai bagi perusahaan sangat perlu dilakukan agar software yang digunakan dapat membantu manajemen SDM dalam jangka panjang. Lalu bagaimana cara memilih HRIS yang tepat? Berikut adalah tips yang bisa dilakukan perusahaan untuk memilih HRIS yang sesuai dengan perusahaan:

1. Pastikan Fitur dan Modul Sesuai Kebutuhan Perusahaan

Sebelum memutuskan membeli sistem HRIS, anda perlu mengetahui fitur-fitur yang dimiliki sistem HRIS tersebut. Pilihlah sistem HRIS yang memiliki fitur yang paling lengkap agar tidak boros menggunakan sistem HRIS lain. Anda bisa melakukan riset sederhana dengan mencoba FREE demo dari HRIS yang akan anda pilih dan bandingkan dengan beberapa HRIS lain.

DataOn sebagai perusahaan penyedia software memiliki sistem HRIS yaitu produknya yang dikenal SunFish HR telah membantu manajemen SDM di seluruh dunia sejak tahun 1999. Anda dapat mengetahui penggunaan SunFish HR secara langsung dengan mencoba LIVE Demo pada link demo.dataon.com kapan saja tanpa perlu registrasi terlebih dahulu.

SunFish HR dilengkapi fitur yang sangat lengkap seperti personal management, data kehadiran, perhitungan hak dan gaji, perhitungan pajak, cuti karyawan, lembur, rekrutmen, dan masih banyak lagi. Perusahaan anda juga dapat melakukan kostumisasi yang dapat lebih menyesuaikan kebutuhan manajemen SDM anda dengan sangat mudah.

2. Keamanan Data

Sering mendengar istilah cyber crime atau kejahatan dunia maya? Hal ini terjadi karena sistem keamana data pada software tidak ada. Keamanan data merupakan perlindungan terhadap data digital yang bersifat privat untuk mencegah akses yang tidak diinginkan terhadap komputer, database, maupun website. Keamanan data menjadi sangat penting pada software HRIS yang anda gunakan agar data-data privat perusahaan anda tidak tersebar kepada pihak yang bisa merugikan perusahaan anda. Ada baiknya pula, HRIS yang anda pilih sudah mengantongi standar sertifikasi internasional (ISO) untuk menjamin tingkat keamanan data pada sistem. Software HRIS SunFish HR tentu sangat memahami pentingnya keamanan data kliennya. Karenanya SunFish HR sudah memiliki keamanan data berstandar internasional dengan memiliki sertifikat ISO 9001:2015 dan ISO /IEC 27001:2013.

Baca juga: Apa Itu ISO 9001 dan ISO/IEC 27001?

3. Hitung Biaya Investasi

Sebelum memutuskan untuk membuat atau membeli software HRIS, ada baiknya HR dapat menyusun anggaran investasi yang harus digunakan untuk biaya HRIS. Perhitungan biaya perlu dilakukan karena penggunaan software HRIS menjadi aset jangka panjang yang sangat berguna untuk meningkatkan efisiensi dan kinerja perusahaan. HR dapat melakukan konsultasi terlebih dahulu terkait kebutuhan perusahaan kepada penyedia jasa HRIS dan dapat membandingkan HRIS satu dengan yang lain.

4. Mengubah Kebiasaan Kerja Perusahaan

Dengan menggunakan sistem software otomatis akan mengubah cara kerja yang biasanya dilakukan manual menjadi lebih cepat dengan penggunaan sistem. Hanya saja butuh penyesuaian bagi beberapa orang untuk migrasi dari kebiasaan manual kepada penggunaan teknologi. Karena itu perlu adanya kesiapan dari internal untuk membiasakan penggunaan software HRIS. Memahami hal ini DataOn selalu memberikan demo secara insentif melalui seminar-seminar dan demo langsung baik kepada klien tetap dan calon penggunanya.

Setelah memahami cara-cara memilih HRIS yang tepat untuk kebutuhan perusahaan anda dan mengetahui manfaat penggunaan HRIS bagi efisiensi perusahaan anda, apakah anda masih ragu untuk melakukan implementasi penggunaan HRIS? Kami siap membantu dengan konsultasi dengan tenaga ahli kami yang siap menjawab kebutuhan HRIS perusahaan anda!

Baca Juga:   Manfaat Dahsyat E-learning saat WFH
Scroll to Top