CARA CERDAS HRD MENINGKATKAN KEDISIPLINAN KARYAWAN

Kedisiplinan menjadi hal yang penting khususnya pada setiap anggota organisasi untuk mencerminkan profesionalitas. Disiplin adalah sifat atau kemampuan untuk mematuhi aturan yang sudah dibuat dan disepakati bersama. Kedisiplinan adalah hal yang dinamis dan dapat berubah. Karena itu butuh konsistensi untuk menjaga tingkat kedisiplinan pada organisasi tetap baik.

HRD dan pemimpin perusahaan memiliki peran penting untuk membentuk dan meningkatkan kedisiplinan dalam organisasi. Strategi dan cara-cara yang cerdas perlu dilakukan untuk dapat meningkatkan kedisiplinan. Berikut adalah cara cerdas yang dapat dilakukan HRD untuk meningkatkan kedisplinan karyawan

1. Penggunaan teknologi di kantor

Pemanfaatan teknologi untuk mengukur tingkat kedisiplinan secara sistematis sangat dianjurkan untuk setiap organisasi. SunFish HR sebagai HRIS terbaik di Indonesia tentu dapat membantu HRD dalam mengukur dan meningkatkan kedisiplinan organisasinya. Hal yang paling mudah untuk mengetahui tingkat kedisiplinan karyawan adalah melalui data kehadiran. Melalui fitur data kehadiran yang aktual dan mencatat waktu kehadiran anggota organisasi secara akurat dan telah terintegrasi langsung dengan sistem penggajian yang dapat diakses secara online, HRD tidak perlu lagi mengelola data kehadiran karyawan secara manual. Penggunaan teknologi juga dapat membantu HRD dan manajemen untuk bekerja lebih strategis karena proses administrasi sudah dikelola secara sistematis.

Baca juga: Bingung Cara Memilih HRIS yang Tepat? Ini Dia Tipsnya

2. Buat aturan yang wajar dan tegas

Sebaiknya manajemen membuat aturan tegas yang dapat dijalankan pada seluruh anggota organisasi. Ada baiknya HRD dan manajemen melakukan riset dan mencari data pendukung sebelum memberlakukan peraturan agar aturan yang dibuat tidak membuat bingung dan terkesan tidak konsisten.

3. Pelatihan berkala

Memberikan pelatihan atau training secara berkala dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kedisiplinan pada organisasi. Pelatihan juga menjadi hal yang penting untuk dapat meningkatkan soft skill karyawan yang dapat mendukung pekerjaan mereka.

Baca Juga:   MANFAAT EMPLOYER BRANDING UNTUK PERUSAHAAN

4. Membuat sistem reward dan punishment

Bagi anggota organisasi yang sudah menerapkan kedisiplinan dan memiiliki kinerja yang baik dapat anda hargai dengan memberikan reward. Bagi anggota organisasi yang melanggar aturan atau tidak disiplin dapat diberikan hukuman atau punishment yang sesuai sehingga dapat memicu untuk bisa melakukan tindakan disiplin.

Baca juga: 3 Strategi Membangun Tim Sukses

Scroll to Top