Cara Lapor SPT Tahunan Mudah dan Cepat dengan e-Filing

Tahukah kamu, tahun ini batas pelaporan SPT tahunan diperpanjang? Virus Corona membuat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan memberikan jangka waktu lebih panjang untuk penyampaian dan pelaporan SPT Tahunan wajib pajak orang pribadi hingga 30 April 2020.

SURAT Pemberitahuan Tahunan (SPT) adalah surat yang digunakan oleh wajib pajak (WP) untuk melaporkan penghitungan dan atau pembayaran pajak, objek pajak, dan atau bukan objek pajak, dan atau harta dan kewajiban, menurut ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007, SPT berfungsi sebagai sarana bagi WP untuk melaporkan dan mempertanggungjawabkan perhitungan jumlah pajak yang sebenarnya terutang dan pemenuhan pembayaran pajak setahun terakhir.

Baca juga: Cara Tingkatkan Produktivitas Saat Bekerja

e-Filing adalah cara penyampaian SPT Tahunan secara elektronik yang dilakukan secara online dan aktual melalui internet di website DJP www.djponline.pajak.go.id.

Dengan menggunakan e-Filing, WP dapat melapor SPT tanpa perlu datang ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP). Dengan begitu, WP tidak perlu datang ke KPP dan mengantre saat masa pelaporan SPT tiba. WP hanya perlu memiliki EFIN untuk mengisi laporan SPT melalu e-Filing.

Electronic Filing Identification Number (EFIN) adalah nomor identitas yang diterbitkan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) kepada wajib pajak untuk melakukan transaksi elektronik atau e-Filing pajak. EFIN digunakan sebagai salah satu alat autentikasi agar setiap transaksi elektronik atau e-Filing SPT dapat dienkripsi sehingga terjamin kerahasiaannya.

Bagaimana Cara Mendapatkan EFIN secara online?

  1. Unduh Formulir EFIN di situs resmi Ditjen Pajak
  2. Isi formulir EFIN
  3. Lengkapi dokumen, seperti KTP (asli dan fotokopi) untuk WNI atau KITAS (asli dan fotokopi) untuk WNA, NPWP (asli dan fotokopi)
  4. Bawa lampiran Formulir EFIN dan dokumen pelengkap ke KPP(Kantor Pelayanan Pajak) terdekat
Baca Juga:   6 Fakta Menarik Pekerja Shift

Selain dapat mengajukan EFIN secara pribadi, perusahaan juga dapat mendapatkan nomor EFIN kolektif untuk karyawan. Berikut adalah cara mendapatkan EFIN kolektif:

  1. Jumlah karyawan atau pemohon EFIN pajak minimal 20 orang
  2. Nama karyawan harus tercantum pada laporan SPT PPh21
  3. Perusahaan yang mengajukan permohonan harus menyediakan tempat dan peralatan yang dibutuhkan untuk aktivasi EFIN pajak
  4. Karyawan yang mengajukan aktivasi EFIN harus hadir saat pengaktifan EFIN
  5. Unduh formulir EFIN Berkelompok di situs resmi DJP Isi Formulir EFIN Berkelompok
  6. Lengkapi dengan lampiran dokumen, seperti KTP (asli dan fotokopi) untuk WNI atau KITAS (asli dan fotokopi) untuk WNA, NPWP (asli dan fotokopi)

wfh-free-3bulan

Setelah kamu mendapatkan kode EFIN, jangan lupa untuk melakukan aktivasi. Berikut adalah cara-caranya:

  1. Aktivasi EFIN ini harus dilakukan melalui situs resmi DJP di https://djponline.pajak.go.id/resendlink
  2. Isi kolom dengan mengetikkan nomor NPWP
  3. Ketikkan nomor EFIN pada kolom EFIN
  4. Masukkan/ketikkan Kode Keamanan yang tertera
  5. Lalu klik Submit
  6. Anda akan menerima e-mail konfirmasi, berisi password sementara
  7. Kemudian klik tautan yang ada, dan ganti kata sandi (password) sesuai keinginan.

Kamu sudah punya EFIN tapi lupa kode EFIN karena laporan SPT tahunan hanya dilakukan setahun sekali? Tenang, berikut adalah cara-cara yang bisa kamu pilih agar kamu bisa mendapatkan kode EFIN-mu kembali:

  1. Buka e-mailcari di inbox atau e-mail masuk dari Ditjen Pajak yang berisi nomor pendaftaran EFIN kamu saat mengajukan EFIN dahulu.
  2. Hubungi pihak DJP menggunakan fitur Layanan Pengaduan & Live Chat pada situs resmi DJP
  3. Melalui Twitter dengan mention layanan Kring Pajak di @kring_pajak dan ikuti prosedur yang ada
  4. Menghubungi call center Kring Pajak di 1500200 pada jam operasional dari sekitar jam 08:00 – 16:00 WIB.
  5. Kamu bisa mendatangi KPP terdekat untuk meminta nomor EFIN kembali
Baca Juga:   Manfaat Dahsyat E-learning saat WFH

Nah, sekarang kamu siap untuk mengisi laporan SPT tahunan melalui e-Filing. Pengisian Laporan SPT tahunan dengan e-Filing yang bisa kamu lakukan di rumah juga membantu kamu untuk memberantas virus COVID-19. Kalau ada jalan mudah, kenapa pilih yang ribet?

Baca juga: Upaya Pengendalian dan Pencegahan COVID-19 di Kantor dengan Teknologi

Scroll to Top