Employee Experience dan HR

Employee experience merupakan pengalaman yang dialami karyawan selama berada di perusahaan tempat mereka bekerja. HR merupakan pihak yang sangat berkaitan erat dengan employee experience. Employee experience yang baik menentukan tingkat keuntungan perusahaan. Untuk mendapatkan employee experience yang baik, dibutuhkan peran HR dalam menerapkan sistem yang baik.

  • Teknologi HRIS

Di Indonesia sendiri, masih banyak perusahaan yang belum menerapkan penggunaan teknologi HRIS dalam HR mereka. Dalam hal ini, perusahaan-perusahaan yang sudah menggunakan teknologi HRIS memiliki keunggulan tersendiri. Mereka sudah meningkatkan efisiensi dan efektivitas aktivitas kerja karyawan sehingga mengurangi birokrasi dalam perusahaan. Dalam penggunaan teknologi HRIS, seluruh pekerjaan HR pada umumnya yang secara manual bisa memakan waktu berhari-hari, dapat dipangkas menjadi beberapa jam saja. Dengan penggunaan teknologi HRIS, HR dapat meningkatkan employee experience secara positif, karena karyawan dimudahkan dalam proses administrasi HR perusahaan.

  • Kepekaan

Kepekaan HR terhadap kebutuhan karyawannya dapat dibantu dengan penggunaan HRIS. HRIS sebagai sistem yang dikembangkan IT harus mengikuti sistem atau pola pikir HR yang tidak hanya memberikan solusi terhadap masalah-masalah umum, tetapi juga memberikan solusi terhadap masalah pribadi dari masing-masing karyawan. Kepekaan HR terhadap masalah pribadi karyawan, harus dibantu dengan HRIS yang memiliki tingkat keamanan dan privasi yang tinggi.

  • Efisiensi

HR perusahaan harus memikirkan perihal efisiensi dalam meningkatkan employee experience secara positif. Mulai dari tahap perekrutan hingga karyawan bekerja, harus ada penerapan sistem teknologi HRIS yang mumpuni. Perusahaan yang menerapkan HRIS untuk peran HR, memiliki tingkat produktivitas yang lebih tinggi. Dengan teknologi HRIS, waktu proses rekrutmen bisa lebih singkat dan dapat merekrut lebih banyak karyawan.

Dalam memberikan dampak positif terhadap employee experience, harus ada kesinambungan antara perusahaan dengan HR dalam menerapkan sistem yang baik dan mempemudah kegiatan atau aktivitas kerja bagi karyawan.

Baca Juga:   6 Fakta Menarik Pekerja Shift
Scroll to Top