Hard skill Industry 4.0

Pada era industry 4.0, persaingan kerja akan semakin tinggi. Pemanfaatan teknologi pasti akan mengalami peningkatan dalam penggunaannya. Secara tidak langsung tenaga manusia akan digantikan dengan robot, mesin, hingga kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence. Untuk itu, dibutuhkan hard skill yang mumpuni guna bertahan dalam Industry 4.0 ini.

Hard skill didefinisikan sebagai kemampuan yang dapat dimiliki, dipelajari, dan ditingkatkan melalui beragam pendidikan atau pelatihan. Hard skill biasanya berhubungan langsung dengan pekerjaan yang dijalani, sehingga hard skill yang dibutuhkan pada setiap pekerjaan akan berbeda.

Apa saja macam Hard Skill yang wajib dimiliki dalam Industry 4.0 ini? Mari kita simak informasi berikut ini.

1. Literasi Digital

Saat ini, setiap pekerjaan kita lakukan bergantung dengan komputer dan teknologi. Untuk itu, melek digital adalah salah satu Hard Skills paling dibutuhkan saat ini. Pahami juga berbagai tools yang digunakan untuk menunjang pekerjaan sehari – hari.

2. Analisis Data

Data telah menjadi bagian penting bagi banyak perusahaan. Karena data – data tersebut nantinya dapat digunakan untuk mengambil keputusan – keputusan penting dalam bisnis perusahaan. Setiap karyawan harus bisa memahami dan menganalisis suatu data guna menunjang aktivitas perusahaan kedepannya.

3. Multimedia

Penguasaan multimedia menjadi keahlian yang sangat berpengaruh di era digital saat ini. Banyak perusahaan yang memanfaatkan media digital sebagai kegiatan dalam branding company profile dan strategi pemasaran. Dalam hal ini, skills multimedia perlu ditingkatkan pada karyawan, guna mendukung kegiatan perusahaan.

4. Social Media Savy

Tidak dipungkiri, hampir sebagian waktu kita dalam satu hari dihabiskan dengan memantau social media. Selain itu, social media adalah salah satu channel penting untuk mempromosikan perusahaan secara online. Dari sini karyawan perlu memiliki pengetahuan mendalam mengenai social media, mulai dari cara penggunaan hingga mengoptimalkannya, agar tidak tertinggal kedepannya.

Baca Juga:   Tips Memilih Kandidat Terbaik dengan Online Rekrutmen

Kesimpulan

Tingkatkan Hard Skills karyawan dengan memanfaatkan Modul Training dan E-Learning dari SunFish HR. Selain memudahkan perusahaan untuk memberikan informasi kepada karyawan, materi, jadwal training dan tayangan ulangnya dapat diakses kapan dan dimana saja. Klik disini untuk mencoba demo sekarang.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top