HYBRID WORKING: TANTANGAN HR 2021 YANG PERLU DIKETAHUI

Pandemi Covid-19 mengubah tatanan kehidupan ekonomi sosial negara dan perusahaan. Beberapa industri dan usaha dalam negeri juga banyak yang tidak bisa bertahan dengan protokol pencegahan COVID-19. Kondisi ketidakpastian ini tentunya sangat mempengaruhi pengambilan keputusan divisi Human Resources (HR) dalam mendorong kegiatan operasi sebuah perusahaan.

HR dan perusahaan harus sigap dan cekatan dalam merancang strategi yang tepat untuk tetap bisa bertahan di masa sulit seperti saat ini. Konsep bekerja dari rumah atau Work from Home (WFH) menjadi salah satu solusi di tengah pembatasan sosial yang dilakukan pemerintah agar perusahaan tetap bisa berjalan. Namun, tidak semua karyawan atau divisi bisa terus menerus bekerja dari rumah. Maka dari situasi inilah muncul istilah baru yaitu Hybrid Work Model.

Dengan menerapkan model kerja Hybrid, perusahaan bisa meningkatkan keterikatan dan kepuasan karyawan, dan sangat bisa dijadikan bentuk investasi perusahaan yang cukup optimal. Poin paling besar dalam penerapan model kerja Hybrid adalah, adanya keseimbangan antara bekerja dari rumah, dan bekerja dari kantor dengan bantuan teknologi.

Penguasaan teknologi menjadi bagian paling krusial dalam upaya adaptasi model kerja Hybrid. Jika model kerja remote memang sepenuhnya mengandalkan teknologi, dalam model kerja Hybrid justru bisa mengkombinasikan kompetensi tenaga manusia dengan teknologi. Salah satu bentuk teknologi yang bisa mendukung efektivitas model kerja Hybrid adalah Human Resource Information System  (HRIS).

Salah satu sistem HRIS terpadu di Indonesia, SunFish HR merupakan solusi HR yang mengerti kebutuhan perusahaan dalam menghadapi perubahan yang terjadi terutama pada masa COVID-19. SunFish HR memahami bahwa aset terpenting perusahaan tetaplah karyawan, karena itu SunFish HR hadir dengan berbagai fitur dan modul yang dapat membantu kinerja karyawan.

Baca Juga:   Tapera, Iuran Baru Pekerja yang Perlu Dipahami

Dengan menggunakan sistem ini, HRD dan manajemen perusahaan dapat dengan mudah mengatur jadwal kerja atau shift, dan mengawasi kinerja karyawan secara intensif dan realtime. Selain itu, kemudahan akses melalui web-based, teknologi berbasis cloud, dan modul yang terintegrasi dari sistem rekam kehadiran ke sistem penggajian otomatis dari SunFish HR sudah termasuk semua komponen pajak penghasilan yang dapat digunakan kapan pun dan di mana pun.

Scroll to Top