ALASAN SURVEI KEPUASAN KARYAWAN PENTING BAGI PERUSAHAAN

Setiap perusahaan sebaiknya melakukan survei kepuasan karyawan untuk mengetahui tentang kondisi secara nyata perusahaan tersebut, seperti dalam kesejahteraan para karyawan yang bekerja. Kepuasan karyawan di perusahaan sangat memengaruhi kinerja karyawan, karena itu kegiatan survei kepuasan karyawan sebaiknya dilakukan secara berkala demi mengetahui tingkat kepuasan mereka dalam lingkungan kerja dari waktu ke waktu.

Poin-poin mendasar yang dapat digunakan dalam kegiatan survei kepuasan karyawan:

     1. Survei kepuasan pendapat atau gaji karyawan

Variabel yang akan diukur pada tahap ini adalah menyangkut kesejahteraan karyawan yang berbanding lurus dengan gaji yang diterima karyawan. Semakin seimbang gambaran yang dihasilkan dari perbandingan variabel kesejahteraan karyawan dengan tingkat gaji yang diterima karyawan akan menggambarkan perusahaan sudah memberikan kepuasan pada karyawannya dengan baik.

     2. Survei jenjang pendidikan karyawan

Dalam sebuah perusahaan memang terdiri dari beberapa tingkat atau level jenjang karir. Jika perusahaan tersebut memang menganut paham jenjang karir. Artinya, semakin tinggi tingkat pendidikan yang dilalui oleh seorang karyawan, maka semakin terbuka lebar jenjang karir baginya saat bekerja di sebuah perusahaan.

Sebaiknya survei kepuasan karyawan dapat dilakukan untuk seluruh anggota pada perusahaan dari berbagai level dan divisi. Setiap hasil dari survei karyawan memiliki peran untuk menggambarkan keadaan karyawan pada perusahaan secara utuh. Oleh karena itu, diharapkan hasil akhir dari survei kepuasan karyawan dapat meningkatkan efektivitas kinerja dan pengambilan keputusan manajemen yang lebih memihak pada karyawan.

Kegiatan survei kepuasan karyawan dapat dilakukan dalam berbagai cara seperti FGD (Focus Group Discussion), wawancara, hingga pembagian kuesioner. Jika perusahaan anda ingin mendapatkan data dengan kuantitas yang besar dalam kurun waktu singkat, teknik pembagian kuesioner dapat dilakukan. Teknik wawancara atau FGD dapat dilakukan jika perusahaan ingin mendapat hasil survei yang mendalam.

Baca Juga:   3 Tantangan Baru HR

SunFish HR sebagai salah satu HRIS terbaik di Indonesia telah dilengkapi dengan modul survey karyawan dapat menjadi salah satu tools untuk melakukan proses survei kepuasan pada karyawan yang mudah dan efisien. Modul survei karyawan pada SunFish HR juga telah dilengkapi dengan notifikasi pengingat untuk meminimalisir karyawan lupa untuk mengisi survei. Ingin mencoba demo GRATIS penggunaan modul survei karyawan pada SunFish HR? Daftarkan perusahaan Anda untuk demo gratis di sini.

Scroll to Top