Istilah-istilah dalam Dunia Kerja

Di dalam dunia kerja, banyak sekali istilah-istilah yang dipakai. Seringkali istilah tersebut belum pernah kita dengar saat masa sekolah maupun kuliah. Istilah yang sering dipakai dalam dunia kerja mayoritas dari bahasa Inggris. Ada yang disingkat, ada juga yang tidak. Tujuan dari penggunaan istilah-istilah ini adalah memperjelas dan mempersingkat pesan yang akan disampaikan baik langsung maupun melalui media (laptop dan smartphone).

Berikut ini 5 istilah di dalam dunia kerja:

1. Remote Working

Remote Working atau Kerja Jarak Jauh merupakan istilah yang digunakan dalam dunia kerja bagi mereka yang bekerja tidak dari kantornya. Dengan adanya teknologi informasi, terutama dalam dunia kerja, maka banyak perusahaan yang membiarkan karyawannya bekerja secara jarak jauh, bisa dari rumah, restoran, kafe, dll. Kebanyakan karyawan yang kerja jarak jauh merupakan freelance. Perusahaan-perusahaan start-up juga sudah menerapkan hal ini. Dengan adanya teknologi informasi, maka karyawan tetap bisa bekerja secara produktif dan berkomunikasi dengan pihak yang sedang di kantor.

2. Follow Up

Follow Up adalah istilah yang digunakan ketika karyawan mau meminta update perkembangan tugas kepada karyawan lainnya. Istilah ini paling sering digunakan oleh atasan kepada bawahan ketika tugas yang diberikan belum selesai, selain itu, istilah ini juga sering digunakan antara divisi 1 dengan divisi lainnya saat ada tugas yang berkaitan. Follow Up memiliki beberapa tingkatan. Tingkatan yang paling bawah adalah menggunakan aplikasi chat. Tingkatan selanjutnya adalah menggunakan SMS. Tingkatan terakhir adalah langsung menelepon kepada orang yang dicari. Tingkatan-tingkatan tersebut berdasarkan seberapa cepat orang yang dicari memberikan jawaban.

3. As Soon As Possible (ASAP)

As Soon As Possible (ASAP) adalah istilah yang sering digunakan dalam aplikasi chat, baik pribadi maupun di grup. Istilah ini akan digunakan ketika deadline suatu tugas sudah dekat atau saat seorang karyawan membutuhkan balasan sesegera mungkin dari karyawan lainnya. ASAP juga bisa diberikan kepada orang yang selalu mem-follow up karyawan lainnya.

4. Key Performance Indicators (KPI)

KPI adalah berbagai indikator yang menentukan penilaian seseorang berdasarkan tugas-tugasnya. Performa seseorang bisa dilihat dari hasil yang dihasilkan dan harus sesuai dengan KPI. Setiap perusahaan memiliki format KPInya masing-masing, tetapi yang paling banyak adalah dalam bentuk tabel. Biasanya setiap baris dan kolom akan dibagi berdasarkan poin-poin kunci indikator performa, dan penilaian setiap poin akan diberi jarak nilai. Misalnya, dalam nilai kedisplinan kerja akan dibagi menjadi A, B, C. A mewakili nilai 85-100 persen. B mewakili 60-74 persen. C mewakili nilai dibawah 60 persen.

5. Over Time

Over Time merupakan waktu/jam lembur. Biasanya setiap perusahaan memiliki kebijakan masing-masing perihal lembur. Umumnya, setiap 1 jam karyawan akan mendapatkan bayaran. Untuk lembur, karyawan bisa mendapatkan berupa uang lembur atau makan malam.

Istilah-istilah di dalam dunia kerja masih banyak yang belum dibahas. Dari 5 istilah yang sudah dibahas di atas, semoga bisa membantu Anda dalam dunia kerja.

Baca juga: Cara Tingkatkan Produktivitas Saat Bekerja

Baca Juga:   4 Cara Mengurangi Turnover di Kantor
Scroll to Top