Isu Strategis HR

Dalam perkembangannya, HR menjadi divisi penting bagi suatu perusahaan, salah satunya HR berperan penting sebagai jembatan antara perusahaan dengan karyawan. Seperti divisi-divisi lainnya, HR memiliki beberapa isu strategis diantaranya: 

1. Talent availability & retention

Ketersediaan sumber daya manusia menjadi salah satu isu strategis HR. Hal ini dimaksudkan dalam keadaan pandemi, semakin banyak HR yang berhati-hati dalam merekrut karyawan karena keterbatasan biaya. Selain itu, HR juga harus mempertahankan karyawan yang berkualitas bagi perusahaan. Jangan sampai, HR kehilangan talenta terbaiknya di perusahaan, karena akan berdampak bagi kinerja perusahaan ke depannya.

2. People development

Isu strategis HR selanjutnya, berkaitan erat dengan pengembangan sumber daya manusia yang ada. Mulai dari segi hardskill sampai softskill. Hal ini dapat dilakukan dengan pengadaan training dan e-learning. Hal-hal seperti penggunaan teknologi, remote working, WFH, dll harus dapat dipahami oleh semua karyawan tanpa terkecuali. Perkembangan karyawan akan membawa dampak baik bagi perusahaan.

3. Employee engagement

Employee Engagement merupakan isu selanjutnya. HR harus bisa menciptakan lingkungan kerja yang meningkatkan keterikatan karyawan. Selain lingkungan kerja, peraturan tata tertib juga harus disesuaikan dengan keadaan karyawan zaman sekarang. Fasilitas yang lengkap dan waktu kerja yang fleksibel juga dapat meningkatkan employee engagement.

4. Corporate culture

Corporate culture atau budaya perusahaan memiliki keterkaitan dengan 3 poin sebelumnya. Budaya perusahaan tidak bisa dibentuk secara instan oleh HR. Hal ini harus dibangun dimulai dari visi dan misi perusahaan yang tidak hanya menguntungkan perusahaan, tetapi juga karyawannya. Dari cara kepemimpinan setiap manajemen juga dapat terpancar budaya perusahaan. Hal-hal lainnya yang memancarkan budaya perusahaan adalah bagaimana perusahaan beradaptasi dengan keadaan pandemi, bagaimana perusahaan mengatur keberagaman karyawan dan bagaimana cara perusahaan menangani generasi Z.

Isu strategis HR yang ada akan terus berkembang melahirkan isu-isu strategis HR lainnya. HR dan perusahaan dituntut untuk dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman yang pesat, terutama berkaitan dengan teknologi informasi.

Baca Juga:   5 Tren HR di 2021
Scroll to Top