JENIS-JENIS BONUS YANG BISA DITERIMA KARYAWAN

Biasanya bonus yang akan diterima karyawan menjadi salah satu cara yang digunakan perusahaan untuk meningkatkan motivasi kinerja karyawannya. Bonus karyawan adalah upah tambahan yang diterima karyawan di luar gaji tetap.

Bonus yang diterima karyawan besar dan jumlahnya di setiap perusahaan berbeda karena bonus tidak diatur oleh Undang-Undang Ketenagakerjaan Indonesia. Perlu diketahui juga bonus tidaklah sama dengan tunjangan yang biasanya karyawan terima setiap bulan.

Lalu apa saja jenis-jenis bonus yang bisa diterima oleh karyawan?

1. Bonus tahunan

Bonus tahunan biasanya diberikan berdasarkan tingkat kinerja dan kontribusi karyawan pada setiap akhir tahun. Umumnya bonus ini diberikan pada akhir tahun dari perhitungan kinerja karyawan melalui performance appraisal selama 1 tahun. SunFish HR, HRIS terbaik di Indonesia yang dilengkapi dengan modul performance dapat membantu perusahaan mengukur kinerja dan membuat proses evaluasi berjalan secara sistematis dan objektif sehingga perhitungan bonus pun juga dapat berjalan lebih efisien.

2. Bonus prestasi

Bonus ini diberikan atas bentuk apresiasi kinerja karyawan yang memberikan kontribusi yang baik dan menjadi teladan bagi karyawan lain. Biasanya bonus ini diatur oleh masing-masing perusahaan dengan pertimbangan khusus dan diberikan saat acara tertentu.

3. Bonus referral

Bonus ini biasanya diberikan pada karyawan yang merekomendasikan orang lain untuk bergabung dalam organisasi pada perusahaan yang sama, dan orang yang direkomendasikan memiliki kinerja yang baik. Besaran bonus referral biasanya tergantung pada jumlah kandidat yang direkomendasikan.

4. Bonus penjualan

Biasanya bonus penjualan atau komisi diterima oleh karyawan pada divisi sales atau marketing. Bonus ini termasuk jenis bonus individu, sehingga setiap karyawan akan menerima jumlah komisi berbeda-beda besarannya.

Itu dia berbagai bonus yang biasanya didapat oleh karyawan. Kira-kira jenis bonus apa saja yang biasanya perusahaan anda berikan?

Baca Juga:   Bagaimana HRIS Meningkatkan SDM?

Scroll to Top