Kebiasaan yang dapat menghancurkan Perusahaan

Sebagai seorang pekerja atau karyawan di perusahaan, pastinya pekerjaan adalah tugas utama yang harus dilakukan.

Namun sadarkah, bahwa ada beberapa diantaranya yang sebenarnya merupakan kebiasaan buruk yang harus dihilangkan di kantor. Kebiasaan buruk ini perlu dihilangkan karena menyebabkan berbagai gangguan yang dapat merugikan diri dan performa kerja karyawan dalam perusahaan.

Apa saja contoh kebiasaan buruk yang sering terjadi di lingkungan kantor?

1. Tidak Transparan

Sesama rekan kerja sebaiknya saling terbuka dengan kegiatan atau rencana kedepan yang ingin dilakukan. Seperti masalah keuangan ataupun jika ada masalah yang berhubungan dengan pekerjaan. Karena kebiasaan buruk ini jika masih dibiarkan dalam perusahaan akan menimbulkan kecurigaan diantara rekan kerja, yang dapat memicu pertengkaran.

2. Senioritas Berlebihan

Saat karyawan baru pertama kali masuk ke kantor, terkadang para pekerja lama memiliki anggapan bahwa mereka lebih tahu banyak dan lebih dahulu ada di perusahaan tersebut. Sehingga timbulah senioritas seperti perilaku enggan untuk berbaur, diskriminasi dan pelit dalam memberikan informasi. Namun, perilaku senioritas ini bukanlah kebiasaan yang baik karena selain mengganggu profesionalitas kerja, performa karyawan baru akan menjadi tidak produktif dalam bekerja.

3. Gossip

Interaksi dapat meningkatkan kerja sama di dalam tim. Namun, kebiasaan bergossip dapat menurunkan kepercayaan antar tim. Jauhi pembicaraan yang mengarah kepada gossip. Biasanya orang yang bergossip kerap menceritakan masalah pribadi orang lain, tetapi yang dibicarakan belum tentu fakta. Hindarilah kebiasaan buruk bergossip ini di lingkungan kantor, karena akan berdampak tidak baik pada performa tim dan juga perusahaan kedepannya.

4. Tidak memanfaatkan teknologi atau masih tradisional

Mungkin tidak terdengar buruk, namun kebiasaan tidak memanfaatkan teknologi atau masih bekerja secara tradisional, akan menghambat pekerjaan di era yang sudah serba maju ini. Manfaatkanlah tekologi yang sudah ada saat ini. Jika belum mengerti dengan penggunaan teknologi, maka kita perlu beradaptasi. Karena kehadiran teknologi saat ini, membuat pekerjaan lebih cepat dan memberikan hasil yang maksimal. Selain itu, dengan teknologi seperti software atau aplikasi yang terintegrasi, juga dapat membuat seluruh pekerjaan lebih transparan, dan kinerja ataupun performa karyawan jadi lebih baik.

Baca Juga:   PENTINGNYA PERENCANAAN STRATEGIS BAGI PERUSAHAAN ANDA

5. Komunikasi yang berantakan

Perlu kita ketahui, komunikasi dalam suatu tim akan sangat berdampak besar bagi keberlangsungan kerja sama tim. Namun ketika hal ini tidak terpenuhi dalam tim maka akan menghambat kualitas kerja, kekompakkan, serta tujuan tim yang terhambat. Karena kekompakkan suatu tim di ukur melalui komunikasi. Jangan sampai performa kerja diri dan tim menjadi buruk akibat komunikasi yang tidak lancar.

Kesimpulan:

Kebiasaan – kebiasaan buruk yang sering dilakukan ini, pada akhirnya dapat dihilangkan dalam perusahaan. Peran serta jajaran BOD, tim HRD ataupun atasan menjadi kunci adanya perubahan dalam suatu organisasi. Harus adanya pendekatan yang dilakukan perusahaan kepada karyawan. Selain itu, pemanfaatan teknologi yang terintegrasi, juga dapat membuat kebiasaan – kebiasaan buruk yang tidak terpantau, menjadi lebih sistematis dan transparan.

SunFish merupakan tekonologi yang dapat membantu perusahaan dalam menghilangkan kebiasaan buruk di dalam perusahaan. Dengan adanya SunFish yang menghadirkan teknologi HRIS dan ERP, permasalahan keuangan perusahaan, performa dan komunikasi karyawan dapat mudah dilakukan. Sehingga, kebiasaan – kebiasaan buruk pada karyawan dapat terhindar kedepannya.

Informasi lebih lanjut mengenai SunFish HRIS , SunFish ERP dan produk – produk DataOn, klik disini unuk coba demo sekarang!

Source:

Maretha, Chintya (2022). Kebiasaan Buruk di Kantor. LinkL https://glints.com/id/lowongan/kebiasaan-buruk-di-kantor/#.Yo3LFahBw2w

Olivia (2016). 14 Tipe pegawai yang pasti selalu ada di kantor, hayo kamu yang mana?. Link:https://www.brilio.net/kepribadian/14-tipe-pegawai-yang-pasti-selalu-ada-di-kantor-hayo-kamu-yang-mana-160731j.html

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top