Kegiatan HR di Perusahaan

Peran HR di dalam sebuah perusahaan adalah sebagai jembatan antara perusahaan dengan karyawan. Hal tersebut merupakan gambaran atau garis besar dari peran HR. Namun, di dalam perannya, HR memiliki banyak sekali aktivitas atau kegiatan. Berikut ini beberapa kegiatan HR di perusahaan.

  • Merencanakan dan mengoordinasikan bakat karyawan dengan sebaik-baiknya. Dalam perusahaan, HR dituntut mampu untuk merencanakan dan mengoordinasikan bakat para karyawan dengan sebaik-baiknya dengan posisi atau jabatan yang dibutuhkan.
  • Merencanakan dan mengawasi program tunjangan karyawan. Setiap tunjangan yang didapat oleh karyawan, semuanya direncanakan dan diawasi HR, baik itu asuransi, BPJS, transport, makan, dll.
  • Bertindak sebagai konsultan masalah SDM seperti kesetaraan dalam kantor dan pelecehan seksual. Masalah-masalah yang dialami oleh karyawan di kantor, harus dipahami oleh HR sebagai konsultan masalah SDM. HR berperan sebagai pemberi solusi terhadap permasalahan yang dialami karyawan.
  • Mengoordinasikan dan mengawasi tim HR. HR bertindak sebagai jembatan antara perusahaan dengan karyawan, tidak terkecuali tim HR. HR pertama-tama harus memerhatikan tim internal HR dalam hal kejelasan struktur organisasi, workflow dan jobdes dari masing-masing individu. Setelah semuanya jelas, maka baru bisa berfokus ke tim divisi lainnya.
  • Mengawasi rekrutmen. Salah satu kegiatan HR yang paling umum adalah rekrutmen. Dalam proses rekrutmen, HR menjadi pengawas yang utama. Mulai dari pencarian kandidat, proses psikotes, wawancara sampai tanda tangan kontrak, bahkan mengawasi karyawan dalam masa probation sampai menjadi karyawan tetap.
  • Menangani masalah karyawan, seperti menengahi perselisihan. Masalah karyawan sehari-hari di kantor sangat banyak, salah satunya perselisihan antar karyawan. Dalam hal ini, HR harus bertindak sebagai penengah dan pihak yang ada di garis terdepan.

Kegiatan-kegiatan HR di perusahaan sangatlah banyak. Di atas hanya segelintir dari kegiatan HR di perusahaan. Dalam berbagai kegiatan atau aktivitas tersebut, kunci utama HR adalah jembatan yang menghubungkan perusahaan dengan karyawan. HR bertindak sebagai penengah dalam perusahaan. HR dituntut bersikap objektif, menguntungkan baik bagi perusahaan maupun karyawan. Jadi, tertarik menjadi HR?

Baca Juga:   5 Soft Skill Penting di Dunia Kerja
Scroll to Top