Keuntungan Berseragam di Kantor

Berseragam di kantor terkadang menjadi hal yang tidak disukai oleh karyawan, tetapi tahukah anda kalau ada berbagai macam keuntungan berseragam di kantor? Berikut ini kami akan membahas keuntungan berseragam di kantor bagi perusahaan dan karyawan:

1. Kesetaraan dan Pemersatu

Kebijakan dalam berseragam di kantor memiliki kedua nilai ini. Dalam hal kesetaraan, karyawan tidak membeda-bedakan mana yang senior mana yang bawahan, mereka menganggap semua setara, tidak ada yang dipandang sebelah mata berdasarkan pakaian yang dipakai. Lalu, berseragam di kantor menjadikan pemersatu antara seluruh karyawan dengan perusahaan, mereka memiliki rasa bersama dan solid sebagai sebuah tim.

2. Branding

Branding perusahaan bisa melalui seragam kantor karyawan, mulai dari logo dan tagline hingga warna dari seragam kantor dapat memperkuat branding perusahaan di mata karyawan dan orang-orang di luar perusahaan.

3. Kontrol Perilaku Karyawan

Seragam kantor yang dikenakan karyawan di luar kantor, akan menjadi kontrol perilaku karyawan. Misalnya saja dalam kerja lapangan, karyawan yang bekerja di lapangan akan lebih menjaga perilakunya, karena seragam yang dikenakan bukan hanya mewakili dirinya, tetapi juga mewakili perusahaan tempat ia bekerja.

4. Hemat dan Menghindari Persaingan ‘fashion’

Dengan kebijakan berseragam di kantor, dapat menguntungkan karyawan dalam hal berhemat, karena karyawan tidak perlu membeli pakaian kerja. Dalam berseragam di kantor juga menghindari persaingan fashion, karena semuanya seragam, jadinya tidak ada yang saling bersaing, menyombongkan diri dan tidak ada kecemburuan sosial.

5. ‘Mix & Match’ dan Kebanggaan

Berseragam di kantor bukan berarti tidak bisa di mix & match atau dikreasikan. Misalnya, jika kantor menetapkan seragam kemeja hitam, karyawan bisa memadupadankan dengan syal putih atau jaket. Seragam kantor membuat karyawan memiliki kebanggaan tersendiri, apalagi kalau perusahaan di mana ia bekerja memiliki citra dan reputasi yang baik.

Baca Juga:   Kegiatan HR di Perusahaan

Scroll to Top