Komunikasi HR

Komunikasi HR merupakan salah satu bagian yang paling penting. Kaitan antara HR dengan perusahaan maupun karyawan tidak terlepas dari komunikasi. Dalam hal penyebaran informasi kebijakan baru bagi karyawan, perhitungan slip gaji, persetujuan cuti dll. tidak terlepas dari komunikasi. Lalu, apakah komunikasi HR tidak berubah? Jawabannya adalah berubah, sesuai dengan perkembangan zaman, komunikasi HR berubah dengan penerapan teknologi, sehingga lebih efektif dalam diseminasi informasi dan komunikasi. Hal ini dapat terlihat jelas pada saat pandemi COVID-19 terjadi, HR lebih efektif menggunakan HRIS ketimbang secara manual dalam hal komunikasi dengan karyawan, mulai dari menjelaskan kebijakan baru, absen yang bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun, penugasan melalui sistem dsb. Komunikasi HR harus cepat, efektif dan akurat bagi perusahaan dan karyawan.

Ada tiga temuan menarik perihal komunikasi HR:

1. Penting atau Tidaknya HRIS

Human Resource Information System (HRIS) merupakan sistem yang membantu semua tugas HR, termasuk komunikasi. Masih ada beberapa perusahaan yang tidak menyadari betapa pentingnya HRIS bagi HR, tetapi sudah banyak pula yang menyadari dan menggunakannya. HRIS bagi HR berguna untuk membantu tugas HR dalam hal komunikasi seperti misalnya mengumumkan kebijakan baru melalui sistem seperti SunFish HR, sehingga HR tidak perlu repot-repot lagi mengirim secara manual pemberitahuan tersebut ke masing-masing karyawan. Karyawan dapat mengecek HRIS yang terpusat dengan HR sehingga komunikasi dapat lebih efektif dan cepat.

2. Komunikasi Berdampak pada Karyawan

Komunikasi HR akan berdampak kepada karyawan, baik secara kinerja maupun mental. Jika komunikasi di suatu perusahaan lancar antara HR dengan karyawan, maka karyawan akan mendapatkan pengalaman yang baik. Contohnya, jika karyawan memiliki permasalahan perihal slip gaji, reimbursement, cuti dll. dan setelah berkomunikasi dengan HR, menghasilkan solusi yang baik, maka loyalitas dan produktivitas dari karyawan tersebut akan meningkat, tetapi kalau sebaliknya yang terjadi, maka akan menurun.

Baca Juga:   Cara Membuat Struktur dan Skala Upah di Indonesia

3. Teknologi

Teknologi, informasi dan komunikasi selalu setara dalam penggunaannya. HR sekarang ini, membutuhkan teknologi yang mumpuni untuk menunjang penyebaran informasi dan komunikasi kepada karyawan dan perusahaan. Teknologi yang sudah ada seperti HRIS akan sangat membantu HR dalam tugasnya. Dengan teknologi, HR dapat secara efektif dan efisien membantu karyawan dengan permasalahannya, seperti yang sudah disebutkan di atas tadi. Karyawan juga harus ditraining dalam penggunaan teknologi di perusahaan agar mereka paham dan dapat mengerti bahwa teknologi sangat krusial di era ini.

Komunikasi HR harus seimbang antara perusahaan dengan karyawan. Komunikasi HR harus mendorong terjadinya peningkatan produktivitas karyawan yang dapat mengubah perusahaan menjadi lebih baik lagi, tanpa keluar dari visi dan misi perusahaan yang semula. Komunikasi HR akan terus mengalami perkembangan ke depannya. Dalam setiap kebijakan yang diambil, HR harus berhasil mengkomunikasikannya kepada karyawan, sehingga karyawan mengerti apa yang dimaksud dengan kebijakan tersebut, bagaimana cara mengaplikasikannya dalam bekerja di perusahaan serta bagaimana hal tersebut dapat merubah karyawan dan perusahaan ke arah yang lebih baik, sesuai dengan tujuan awal perusahaan.

Scroll to Top