Konsep VUCA dalam Bisnis

VUCA merupakan singkatan dari volatility, uncertainty, complexity, dan ambiguity. Jika diartikan secara harfiah, VUCA adalah volatilitas, ketidakpastian, kompleksitas, dan ambiguitas. Beberapa ilmuwan sosial di U.S. Army War College memperkenalkan konsep ini pada tahun 1987 untuk menggambarkan situasi tidak menguntungkan setelah Perang Dingin. Namun seiring perkembangan zaman, istilah VUCA juga berlaku di berbagai bidang, salah satunya bisnis. Berikut adalah penjelasan mengenai masing-masing unsur VUCA.

1. Volatility (Volatilitas)


Istilah volatil mendeskripsikan bahan kimia yang menguap pada suhu normal sehingga bersifat tidak stabil. Jika dikaitkan dalam konsep VUCA dan konteks bisnis, volatilitas menggambarkan situasi perubahan yang sering terjadi, berlangsung dengan cepat, dan memberikan dampak yang signifikan. Sifat volatil tidak bisa diprediksi, tetapi informasi mengenai perubahan tersebut tersedia dan situasinya mudah dimengerti.

2. Uncertainty (Ketidakpastian)

Suatu hal dikategorikan tidak pasti apabila tidak ada informasi mengenai apakah hal tersebut akan menyebabkan perubahan yang berarti. Dalam VUCA dikenal dengan ketidak pastian akibat perubahan yang begitu cepat. Perubahan mungkin terjadi, tetapi tidak mutlak, atau bahkan tidak ada sama sekali. Walaupun begitu, biasanya penyebab dan dampaknya sudah diketahui.

3. Complexity (Kompleksitas)

Keadaan disebut kompleks ketika terdapat banyak bagian dan variabel yang saling berhubungan. Situasi ini dikenal dengan Complexity atau Kompleksistas. Istilah Kompleksitas ini diketahui sebagai beberapa informasi tersedia dan bisa diprediksi, tetapi volumenya besar dan sulit diproses sehingga dapat menyebabkan seseorang kewalahan. Jenisnya bervariasi dan sifatnya berbelit-belit, tetapi tidak selalu menyebabkan perubahan.

4. Ambiguity (Ambiguitas)

Istilah Ambiguitas dalam konsep VUCA ini dapat diartikan sebagai situasi tanpa hubungan sebab – akibat yang jelas. Sifatnya baru dan belum pernah terjadi sebelumnya sehingga tidak dapat diprediksi. Penyebab dan dampaknya juga tidak diketahui, sehingga menyebabkan ketidak jelasan, atau abu – abu.

Pengaruh VUCA dalam dunia bisnis

Di era ini, banyak pakar menyebutkan bahwa saat ini kita sudah hidup di era VUCA. Dimana konsep VUCA sudah menjadi bagian penting dalam bisnis. Peningkatan volatilitas, ketidakpastian, kompleksitas dan ambiguitas bisnis dapat merombak pasar dan mengubah sifat persaingan. Perusahaan yang mampu merasakan, memproses, dan merespon tantangan VUCA lebih cepat daripada pesaing akan lebih baik dalam menemukan peluang dan mengurangi risiko.

Dalam menghadapi konsep VUCA atau masa depan dunia kerja, mental karyawan pun harus dibentuk sejak dini. Selain mental karyawan, memanfaatkan teknologi atau software juga dapat diterapkan untuk menghadapi situasi yang tidak pasti. SunFish HR menghadirkan teknologi HRIS dan ERP untuk kebutuhan perusahaan menghadapi perubahaan di masa depan. Kami mendukung tren kerja dari rumah dan dari mana saja, ataupun perubahaan peraturan seperti kebijakan terbaru pemerintah ataupun internal perusahaan itu sendiri. Siap menghadapi VUCA dengan SunFish HR? Klik disini untuk informasi lebih lanjut kami siap menjawab!

Written and Edited by: Lydia Dameria Simamora

Source: Anggita, Dwinta (2021). “Mengenal VUCA: Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity”. Link: https://employers.glints.com/id-id/blog/mengenal-vuca-volatility-uncertainty-complexity-ambiguity/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top