Kunci Menangani Konflik di Tempat Kerja

Hampir setiap kita pasti bekerja sama dengan berbagai macam orang dengan latar belakang serta cara pandang yang berbeda. Tak jarang, perbedaan ini dapat menjadi pemicu konflik antar setiap rekan kerja.

Setiap konflik yang timbul di tempat kerja sebaiknya segera diselesaikan agar tidak mengganggu performa dan kinerja. Oleh karena itu, sekecil apapun konflik tersebut harus diselesaikan secara efektif agar tidak menjadi besar dan mempengaruhi kinerja setiap karyawan.

Lalu bagaimana cara menangani konfilk di tempat kerja? Berikut adalah kunci untuk menangani konfilk di tempat kerja yang perlu anda ketahui:

1. Bersikap Tenang

Konflik biasanya akan memicu setiap ego dari pihak yang terlibat. Ada baiknya hadapilah konflik dengan sikap yang tenang dan tegas. Tunjukkan ekspresi wajah, bahasa tubuh, dan nada bicara yang tetap tenang dan tidak menyerang pihak yang bermasalah dengan anda.

Baca juga: Komunikasi HR

2. Tetap Netral dan Saling Mendengarkan

Setelah anda berhasil menenangkan ego saat menghadapi konflik, cobalah untuk bisa saling mendengarkan. Biasanya konflik sering terjadi karena adanya kesalahpahaman antar pihak. Cobalah untuk tetap netral dan mendengarkan pendapat rekan kerja yang terlibat dalam konflik agar anda dapat mengetahui pendapat rekan anda secara utuh dan dapat menyelesaikan konflik tersebut.

3. Minta Bantuan HRD atau Atasan

Anda juga dapat meminta bantuan pihak ketiga untuk menjadi penengah dalam penyelesaian konflik kepada atasan atau bagian HRD. Sampaikan permasalahan atau konflik secara jujur dan profesional. Posisi mereka yang netral akan membantu anda dan rekan kerja untuk dapat lebih mudah menyelesaikan konflik.

Baca Juga:   Investasi HR
Scroll to Top