LINGKUNGAN KERJA MEMPENGARUHI KINERJA KARYAWAN? YUK, CARI TAHU FAKTANYA DI SINI!

Sebagai makhluk sosial dalam menjalankan aktivitasnya, manusia memiliki naluri untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan di sekitarnya. Begitu pula saat melakukan aktivitas bekerja, karyawan akan melakukan adaptasi pada lingkungan kerjanya agar dapat berinteraksi.

Lingkungan kerja menjadi salah satu faktor utama yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan. Kondisi lingkungan kerja yang mempengaruhi kinerja karyawan memiliki beberapa aspek, diantaranya:

1. Lingkungan kerja fisik

Hal yang termasuk pada lingkungan kerja fisik adalah semua keadaan yang berbentuk fisik yang berada di sekitar tempat kerja. Lingkungan kerja fisik meliputi pencahayaan ruangan, warna ruangan, sirkulasi udara, kenyamanan, dan kebersihan. Lingkungan kerja fisik dapat mempengaruhi psikologis karyawan baik secara langsung dan tidak langsung yang juga memberikan dampak pada kinerja karyawan.

2. Lingkungan kerja non-fisik

Budaya dan komunikasi organisasi dalam sebuah perusahaan menjadi hal primer pada lingkungan kerja non-fisik yang dapat membangun hubungan kerja antar karyawan.

Aspek lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja non-fisik harus dibangun dan dikondisikan dengan baik. Jika aspek lingkungan kerja baik bagi karyawan, maka karyawan akan melakukan pekerjaannya secara optimal.

Kondisi kerja dan fasilitas yang diberikan perusahaan juga dapat membantu karyawan menyelesaikan tugasnya dengan cepat. Jika lingkungan kerja dapat menunjang kegiatan karyawan dengan maksimal, karyawan juga akan merasa sejahtera dengan perusahaan dan meningkatkan loyalitas karyawan.

Baca Juga:   Kenapa HR Butuh HRIS?
Scroll to Top