Macam – macam Training yang dibutuhkan Karyawan.

Karyawan adalah aset berharga bagi suatu perusahaan atau organisasi, karena dengan kontribusi yang diberikan oleh karyawan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan suatu perusahaan. Untuk itu perusahaan juga perlu memberikan perhatian lebih kepada peningkatan kemampuan yang dimiliki masing – masing karyawannya. Karena dengan adanya peningkatan kemampuan pada diri karyawan, semua rencana dan target – target perusahaan pun tercapai.

Untuk itu mari kita simak, training dan pelatihan apa saja yang dibutuhkan perusahaan untuk karyawannya:

1. Training untuk New Hire

Training untuk karyawan New Hire perusahaan biasanya dilakukan kepada karyawan baru. Training orientasi perusahaan ini bertujuan memperkenalkan perusahaan secara keseluruhan, yang meliputi: Penjelasan mengenai visi dan misi perusahaan, Budaya dan lingkungan perusahaan, Struktur organisasi, Kebijakan – kebijakan perusahaan, dan lain sebagainya.

 2. Training Product Knowledge

Training ini dapat dilakukan terutama untuk karyawan yang akan berhubungan langsung dengan produk yang dimiliki perusahaan, misalnya sales departemen, marketing departemen ataupun departemen yang behubungan dengan bagian produksi. Training ini juga biasa dilakukan per divisi yang berfokus pada job description masing-masing. Training product knowledge ini juga bisa diberikan pada seluruh karyawan untuk memberikan penyegaran kembali ataupun jika ada hal-hal baru terkait produk yang sudah dimiliki.

 3. Training Manajerial

Training karyawan bersifat manajerial ini berkaitan dengan peningkatan soft skill yang akan lebih melatih sifat, sikap, dan cara kerja karyawan. Training satu ini sangat penting diadakan secara berkala, demi meningkatkan budaya kerja yang lebih efisien. Penelitian juga menyebutkan, soft skill justru menentukan kesuksesan dalam bisnis perusahaan. Karena itu, di beberapa perusahaan, jenis training ini dianggap sebagai training yang sangat penting dan jangan sampai absen dari agenda rutin perusahaan.

4. Training Teknis

Training teknis berkaitan dengan SOP atau Standard Operational Procedure pekerjaan masing – masing karyawan, dalam menjalankan job description masing-masing. Training karyawan jenis ini juga sering dimasukkan ke jenis training onboarding, yaitu jenis training di dalam divisi tertentu, yang dilakukan oleh atasan terhadap karyawan atau staf yang dianggap perlu untuk tahu prosedur – prosedur pelaksanaan tugas. Lama berlangsungnya training teknis ini bisa sangat lama, yaitu sampai si karyawan benar-benar sudah dianggap terampil sehingga bisa diserahi tanggung jawab penuh untuk menjalankan tugasnya.

Jadi, apakah perusahaan atau organisasi anda sudah bersiap untuk memberikan pelatihan kepada karyawan? SunFish HR menawarkan solusi untuk training karyawan dalam suatu organisasi.

Baca Juga:   Remote Working
Scroll to Top