Tips Jitu Perusahaan Hadapi Krisis Pandemi Corona

Pandemi Corona (COVID-19) masih menyebar begitu cepat di seluruh dunia termasuk Indonesia. Hal ini memengaruhi berbagai aspek termasuk ekonomi baik makro dan mikro. Tak jarang banyak perusahaan yang merasakan imbas dari pandemi Corona ini hingga harus menghadapi masa krisis bagi perusahaannya.

Apakah yang dimaksud krisis?

Fearn-Banks mendefinisikan krisis sebagai “Suatu kejadian penting dengan hasil akhir cenderung negatif yang berdampak baik terhadap sebuah organisasi, perusahaan atau industri, maupun terhadap publik, produk, servis atau reputasinya”.

Secara harafiah dalam aksara Tiongkok yang berarti ‘Weiji’ (危机), krisis memiliki dua sisi makna, Wei: Dangerous dan Ji: Opportunity yang menggambarkan setiap krisis pasti berbahaya namun bisa memberikan peluang yang dapat dimanfaatkan.

Keadaan krisis dapat menimpa siapa saja dan tidak pandang bulu. Dampak dari krisis dapat menjadikan perusahaan menjadi lebih baik atau lebih buruk tergantung pada bagaimana penanganan dan respon yang dilakukan perusahaan. Karena itu dibutuhkan manajemen krisis yang harus disiapkan pada perusahaan dalam menghadapi keadaan krisis di tengah pandemi Corona ini.

Apa itu Manajemen Krisis?

Manajemen krisis adalah proses mempersiapkan dan mengelola situasi darurat atau tidak terduga yang memengaruhi pemangku kepentingan, karyawan, pelanggan, dan pendapatan perusahaan.

Dalam manajemen krisis juga harus disertai dengan manajemen risiko yang mengharuskan manajemen perusahaan untuk menilai potensi ancaman dan menemukan cara terbaik untuk menghindari ancaman tersebut.

Ada baiknya jika perusahaan mengomunikasikan situasi krisis kepada publiknya. Lalu bagaimana perusahaan mengomunikasikan situasi krisis ini dengan baik? Di sinilah pentingnya peran pemimpin perusahaan dan komunikasi manajemen krisis yang harus dibangun untuk menghadapi keadaan krisis. Pada artikel kali ini, DataOn ingin mengajak semua pembaca untuk belajar manajemen krisis dan strategi kepemimpinan yang tepat menghadapi Pandemi COVID-19. Penasaran? Mari kita simak penjelasan berikut ini.

wfh-free-3bulan

Siapkan Pesan Kunci dan Komunikator yang Tepat

Selama krisis dan keadaan darurat, penting untuk menyampaikan pesan kunci secara jelas dan konsisten untuk membangun komunikasi yang efektif. Berikan pesan yang memastikan semua komunikasi berjalan sesuai dengan koordinator dalam bagian manajemen krisis.

Pemimpin dapat menjadi komunikator yang paling tepat untuk menyampaikan pesan kunci selama krisis. Kepercayaan dan kredibilitas pemimpin yang menjadi komunikator pesan selama krisis dapat meningkat dengan cara pemimpin sering mendengarkan dan berbicara dengan pemangku kepentingan perusahaannya.

Baca juga: Upaya Pengendalian dan Pencegahan COVID-19 di Kantor dengan Teknologi

Menjadi Pemimpin Visioner

Dalam masa krisis, peran pemimpin menjadi sangat krusial yang bisa membuat perusahaan mencapai keberhasilan atau bahkan menjadi batu kegagalan. Oleh karena itu, pemimpin harus mampu memberikan visi dan arahan yang jelas untuk menghadapi situasi yang tidak pasti dan perubahan yang terjadi. Peran pemimpin di tengah krisis juga dapat memberikan motivasi, menginspirasi, dan menjaga anggota-anggotanya untuk bergerak ke arah yang benar.

Jadilah Pemimpin yang Empati

Pemimpin perlu menghadapi masa krisis dengan selalu memberikan sikap peduli (simpati), memahami (empati), dan jujur. Rasa empati pemimpin dalam menghadapi masa krisis dapat membantu menghentikan informasi-informasi negatif.

Penanganan Setelah Krisis

Seiring berjalannya waktu masa krisis pasti akan berakhir. Perusahaan bisa membuat evaluasi terhadap setiap proses penanganan krisis dan kinerja perusahaan. Evaluasi sangat penting dibuat oleh perusahaan untuk mengukur keadaan perusahaan setelah krisis dan menjadi pembelajaran ke depan bagi perusahaan.

Proses evaluasi dapat dilakukan lebih mudah dengan bantuan penggunaan software. Salah satu evaluasi yang perlu dilakukan setelah masa krisis adalah kinerja karyawan dan keuangan pada perusahaan. SunFish HR dan SunFish Accounting dapat menjadi solusi bagi perusahaan untuk melakukan kontrol dan evaluasi kinerja di mana pun dan kapan pun.

Cari tahu tentang : SunFish HR dan SunFish Accounting

Ingin tahu bagaimana cara kerja SunFish HR dan SunFish Accounting? Silahkan klik link berikut untuk langsung merasakan FREE DEMO : demo.dataon.com

Baca Juga:   5 Keunggulan Fresh Graduate
Scroll to Top