Manfaat Cuti bagi Karyawan dan Perusahaan

Pekerjaan yang terlalu berat tak jarang memberi efek lelah pada karyawan secara fisik dan mental. Beristirahat dari rutinitas harian bisa menjadi solusi untuk mengembalikan semangat kerja dan meningkatkan produktivitas kinerja karyawan dalam perusahaan.

Setiap karyawan memiliki hak cuti yang telah diatur dalam UU Ketenagakerjaan No. 13 Tahun 2003 Pasal 79 yang menjelaskan bahwa perusahaan harus memberikan cuti tahunan minimal 12 hari kerja per tahun. Tak jarang, cuti juga digunakan oleh perusahaan sebagai bentuk reward bagi karyawan yang berprestasi. Dengan pemanfaatan software HRIS seperti SunFish HR, perusahaan dapat dengan mudah mengatur regulasi cuti secara aktual. Karyawan juga dapat dengan mudah mengajukan cuti kapan saja dan melihat kalkulasi sisa cuti yang mereka miliki.

Cuti tidak hanya membuat produktivitas meningkat dan menjaga kesehatan fisik dan mental karyawan. Cuti juga memberikan banyak sekali manfaat baik dari sisi karyawan maupun perusahaan. Lalu apa saja manfaat cuti bagi karyawan dan perusahaan?

1. Kesempatan belajar hal baru

Karyawan bisa memanfaatkan waktu cutinya dengan belajar hal baru yang mungkin tidak sempat dilakukan pada aktivitas harian. Karyawan dapat meningkatkan kemampuan kognitif maupun soft skill dengan aktivitas sederhana saat cuti seperti mengikuti seminar, membaca buku, dan bertemu dengan banyak orang yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi.

2. Mengurangi tingkat stres

Cuti dapat membantu tingkat stres menjadi lebih menurun. Karyawan dapat memanfaatkan waktu cutinya dengan berlibur atau melakukan hobi mereka. Menjaga tingkat stres tetap normal juga dapat membantu mengurangi risiko kesehatan.

Baca juga: Pentingnya Worklife Balance yang Wajib Kamu Tahu!

3. Meningkatkan loyalitas antar anggota organisasi

Dengan memanfaatkan waktu cuti bersama teman satu kantor secara tidak langsung juga dapat meningkatkan kerja sama antar anggota dalam perusahaan. Melakukan aktivitas menyenangkan saat cuti bersama rekan kerja dapat meningkatkan rasa toleransi dan menghargai satu sama lain.

Baca Juga:   New Normal Indonesia: Manfaat Penggunaan Sistem HRIS pada Perusahaan
Scroll to Top