MANFAAT EMPLOYER BRANDING UNTUK PERUSAHAAN

Setiap karyawan pasti ingin memiliki rasa bangga dan loyal terhadap perusahaan di mana mereka bekerja. Tentunya hal tersebut dapat diwujudkan jika perusahaan memiliki fokus pada hal tersebut dan bisa dilakukan dengan strategi employer branding.

Employer branding memiliki definisi sebagai usaha yang dilakukan perusahaan untuk membangun dan mengelola reputasinya dengan membuat ikatan psikologis karyawan maupun calon karyawan terhadap nilai-nilai unik yang dimiliki perusahaan.

Lalu apa manfaat perusahaan membangun reputasinya melalui strategi employer branding?

1. Meningkatkan produktivitas karyawan

Perusahaan yang memiliki reputasi yang baik dapat memotivasi dan meningkatkan produktivitas kinerja karyawan. Hal ini secara tidak langsung juga dapat meningkatkan pertumbuhan bisnis perusahaan.

Baca juga: Menciptakan Budaya Perusahaan yang Karyawan Butuhkan

2. Membangun dan meningkatkan reputasi positif perusahaan

Perusahaan dapat membangun dan meningkatkan reputasi mereka melalui strategi employer branding. Usaha manajemen menciptakan ikatan emosional yang positif organisasi pada perusahaan akan menjadi ciri khas tersendiri yang dapat terpancar dari perusahaan tersebut dan membentuk reputasi yang baik pada perusahaan.

3. Membantu mendapat kandidat terbaik

Melalui employer branding, tim rekrutmen pada HR bisa lebih mudah mencari kandidat terbaik bergabung pada perusahaan. Pengakuan karyawan internal mengenai pengalaman kerja pada perusahaan yang memiliki lingkungan dan reputasi positif menjadi hal yang dapat dipertimbangkan kandidat terbaik untuk tertarik bergabung pada perusahaan.

4. Menjaga loyalitas karyawan

Karyawan yang bekerja pada perusahaan yang memiliki employer branding yang baik biasanya memiliki tingkat loyalitas yang lebih tinggi. Karyawan akan memiliki rasa bangga tersendiri dengan bekerja pada perusahaan yang telah menerapkan strategi dan tidak keberatan untuk menggambarkan pengalaman kerja yang baik pada perusahaan dengan employer branding yang baik.

Baca Juga:   7 Istilah HR

Jika anda ingin memulai strategi employer branding, berikut adalah hal yang perlu diperhatikan dalam employer branding:

1. Lakukan survei dan analisa

Hal utama yang perlu dilakukan untuk menentukan strategi employer branding adalah manajemen dan HRD perlu melakukan survei dan analisa terlebih dahulu bagaimana ikatan emosional dan psikologi yang ada sebelum melakukan employer branding. Jika sudah memiliki data dari hasil survei dan analisa, buatlah strategi employer branding yang benar-benar sesuai dengan kondisi organisasi untuk jangka panjang.

2. Tentukan media penerapan employer branding

Penggunaan media penerapan employer branding yang tepat akan membantu manajemen dan HRD dalam proses pelaksanaan employer branding. Pemilihan media penerapan ini dapat dilihat dari mayoritas generasi dalam organisasi dan adanya training atau pelatihan berkala untuk memupuk employer branding pada setiap anggota organisasi pada perusahaan.

3. Libatkan setiap anggota organisasi

Keterlibatan setiap anggota organisasi pada Perusahaan akan sangat membantu keberhasilan dari strategi employer branding. Karena itulah manajemen dan HRD perlu memperhatikan setiap perkembangan dari penerapan employer branding seluruh karyawannya. Membuat suasana kerja terbuka dan saling bertukar pendapat dapat menumbuhkan rasa keterlibatan karyawan pada pembentukan employer branding.

Scroll to Top