Manfaat Manajemen Stres Bagi Karyawan

Menjaga performa saat bekerja bisa sangat dipengaruhi dengan kondisi dan keseimbangan emosional karyawan. Namun, tak jarang karyawan harus menghadapi stres saat melakukan pekerjaannya. Secara harafiah stres adalah suatu tanggapan atau respon seseorang pada kondisi yang diterima seseorang sebagai suatu tantangan atau ancaman posisinya.

Adapun beberapa penyebab timbulnya stres kerja antara lain beban kerja yang sulit dan berlebihan, waktu dan peralatan kerja yang kurang memadai, pengetahuan dan kemampuan karyawan yang kurang memadai, kurang jelasnya penerapan peraturan dalam pekerjaan, kurang dukungan dari rekan sejawat dan pimpinan, tekanan dan sikap pemimpin yang kurang adil dan wajar, konflik antara pribadi dengan pimpinan atau rekan kerja, balas jasa atau imbalan yang terlalu rendah maupun adanya masalah-masalah keluarga yang dapat mempengaruhi performa kerja.

Sebenarnya keadaan stres tidak selalu memberikan dampak negatif bagi penderitanya. Stres juga dapat memberikan dampak positif sehingga memberi motivasi supaya seseorang berperilaku untuk mendapatkan sesuatu. Stres yang positif juga dapat memberikan keuntungan bagi karyawan misalnya saja untuk bisa mendapatkan promosi, memberikan usaha lebih terhadap pekerjaan yang ia lakukan, dan lainnya.

Lalu bagaimana agar stres yang kita hadapi tidak memberikan dampak negatif khususnya bagi kesehatan? Kuncinya adalah dengan melakukan manajemen stres. Manajemen stres adalah cara yang dilakukan seseorang secara efektif untuk mengatasi gangguan atau kekacauan mental dan emosional yang muncul karena tanggapan baik dari luar, atau dari dalam.

Baca juga: Mendongkrak Employee Engagement

Secara keseluruhan, manajemen stres mencakup gaya hidup, pikiran, emosi, dan bagaimana caranya kita dalam menghadapi masalah. Yuk simak lebih lanjut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan dalam manajemen stres:

1. Identifikasi Kebiasaan yang Memicu Stres

Hal pertama yang perlu anda lakukan dalam manajemen stres adalah dengan mengidentifikasi faktor yang menjadi sumber rasa stres pada diri anda. Dengan mengetahui sumber stres, anda bisa mengetahui perasaan apa yang anda rasakan saat stres terjadi, dan tentukan tindakan apa yang perlu anda lakukan untuk mengatasi stres tersebut. Biasanya dengan mengidentifikasi sumber stres yang kita rasakan, diri kita akan menemukan caranya sendiri.

Baca Juga:   Musik yang Cocok Menemani saat Bekerja

2. Lakukan Hobi dan Gaya Hidup Sehat

Melakukan hobi yang anda suka dapat menjadi cara untuk menghilangkan stres. Namun pastikan hobi yang anda lakukan juga mendukung gaya hidup sehat agar tidak memberikan masalah lain baik secara fisik maupun mental. Perusahaan juga dapat memberikan fasilitas yang dapat menunjang hobi positif dan gaya hidup sehat bagi karyawan. Misalnya saja dengan menyediakan fasilitas ruang olah raga, kegiatan nonton film bersama yang juga dapat meningkatkan sosialisasi antar karyawan, dan kegiatan sosial lainnya sehingga karyawan juga memiliki wadah untuk menyalurkan hobi dan menghilangkan rasa stresnya.

3. Bersosialisasi dengan Rekan Kerja

Bersosialisasi dengan rekan kerja dapat membantu anda mengurangi rasa stres. Bersosialisasi juga bisa membuat anda melupakan rasa stres yang anda rasakan. Simpati rekan kerja anda juga dapat membantu anda mengatasi rasa stres tersebut. Dengan bersosialisasi juga dapat membantu anda dan rekan kerja menjadi lebih dekat sehingga dapat meningkatkan juga tingkat kerja sama tim yang baik.

4. Melakukan Refleksi Diri

Ketahuilah setiap kita memiliki batasan dalam mengerjakan pekerjaan di Kantor. Berikan waktu untuk diri anda sendiri merefleksikan sejenak apa yang telah dan sedang anda alami saat stres. Melalui refleksi diri anda juga dapat menentukan sikap apa yang perlu dilakukan setelah anda melewati rasa stres. Refleksi diri dengan cara bersantai sejenak atau mencari tempat yang lebih tenang saat bekerja bisa menjadi salah satu cara untuk menenangkan diri dari rasa stres.

Scroll to Top