Manfaat OKR bagi Bisnis dan Perusahaan.

Suatu bisnis ataupun perusahaan, pastinya memiliki goals atau tujuan yang ingin dituju. Metode yang dapat digunakan salah satunya adalah dengan OKR. Jika sebelumnya kita sudah mengetahui sedikit informasi dan sejarah mengenai apa itu OKR atau yang biasa diketahui sebagai Objective Key and Results. Sekarang saatnya kita mengetahui apa manfaat dari OKR yang dapat berguna bagi kesuksesan suatu perusahaan dan bisnis.

Menyatukan Perusahaan

OKR memiliki sifat saling terkait antar divisinya. Hal ini yang dapat menyatukan perusahaan. Dengan terkait antar divisi satu dengan yang lain, sehingga komunikasi antar divisi semakin terjalin erat. Dengan OKR kita juga dapat mengurangi ego di setiap divisi perusahaan.

Menyelaraskan Pemikiran Tim

OKR merupakan metode yang menghubungkan tujuan dan aktivitas. Baik untuk tim maupun individu dengan misi strategi perusahaan. OKR membantu mencapai tujuan perusahaan dan individu untuk menetapkan sasaran mereka sendiri berdasarkan OKR perusahaan.

Karyawan dapat Bekerja Lebih Fokus

Penggunaan OKR juga dapat menguntungkan untuk produktivitas karyawan. Dengan memanfaatkan OKR, karyawan dapat mengerjakan pekerjaan lebih jelas dan karyawan bisa lebih fokus dalam pekerjaannya. 

Transparan antara Karyawan dan Pimpinan

OKR juga lebih terbuka dan transparan terhadap kinerja antar karyawan serta dengn pimpinan. Dengan begini, karyawan akan lebih gampang bekerja sama dalam menghasilkan hasil yang maksimal serta memuaskan. 

Mempercepat Hasil

Dengan gaya bekerja yang lebih terbuka membuat pimpinan lebih mudah dalam memperhatikan setiap pekerjaan karyawan. Karyawan dapat tetap fokus terhadap pekerjaannya dan mempercepat perusahaan dalam memperoleh hasil yang diinginkan.

Lebih Fleksibel dan Efisien dalam Perencanaan

OKR membuat tim untuk dapat menyesuaikan dan beradaptasi dengan perubahan dalam perencanaan. OKR juga dapat mengurangi resiko pemborosan serta mengurangi waktu untuk perencanaan. Hal ini dikarenakan OKR memiliki siklus tujuan yang lebih pendek.

Mendukung Otonomi dan Akuntabilitas

Ada sekitar 60% OKR yang ditetapkan oleh suatu tim tidak hanya oleh manajer. Pendekatan seperti ini membuat setiap orang memiliki kewajiban pribadi untuk tujuan pribadi. Dimana nantinya akan diselaraskan dengan tujuan perusahaan.

Kesimpulan

Dengan memanfaatkan OKR, dampak yang diterima karyawan juga positif. Hal ini tentu akan meningkatkan kinerja karyawan menjadi lebih produktif. Metode ini dibuat tidak hanya untuk mencapai target perusahaan, tetapi meningkatkan mutu kualitas kerja karyawan. Selain itu juga dapat mencapai tujuan dari karyawan itu sendiri dan target – target perusahaan.

Sumber:

Kusumawardhani (2021). “Definisi OKR dan contohnya”. Link: https://id.hrnote.asia/orgdevelopment/definisi-okr-dan-contohnya-210209/

Khairina (2021). “Definisi dan Manfaat OKR Objective and Key Results”. Link: https://employers.glints.id/resources/definisi-dan-manfaat-okr-objective-and-key-results/

Written & Edited by: Lydia Dameria Simamora

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top