Cara agar karyawan tidak resign

Selain adanya gaji, jabatan, fasilitas, dan benefit yang banyak, ternyata ada faktor lain yang dapat menjadi cara dalam mempertahankan karyawan. Berikut adalah cara atau hal yang dapat dilakukan dalam mempertahankan karyawan agar tidak cepat resign.

1. Supportive Leader

Dalam membuat karyawan nyaman dan semangat dalam bekerja, dibutuhkan seorang pemimpin atau leader. Seorang leader diharapkan dapat memimpin dan mengetahui bagaimana mengembangkan kompetensi karyawannya di perusahaan. Peran leader sangat penting dalam memperhatikan kinerja, guna mempertahankan karyawan. Selain itu, karyawan juga dapat merasa terarah dalam mencapai target – target pekerjaan mereka. Leader dapat memberikan dukungan dengan memberikan kata positif, arahan dalam bekerja untuk membangun semangat kerja karyawan.

2. Opportunity to grow

Dalam mempertahankan karyawan, karyawan butuh diberikan kesempatan untuk dapat berkembang. Hal tersebut dapat dilakukan dengan memberikan daftar hal baru untuk dikerjakan. Selain itu perusahaan perlu menghargai apa yang mereka lakukan, dan memberikan bimbingan dalam mengatasi kendala mereka.

3. Challenge

Perusahaan perlu menanamkan kepada karyawannya bahwa perusahaan bukan hanya tempat bekerja, namun juga tempat untuk mengembangkan kemampuan. Perusahaan perlu memberikan challenge untuk mendorong keingintahuan serta meningkatkan kemampuan karyawan.

4. Reward

Perusahaan perlu memperhatikan karyawan dengan memberikan penghargaan atau Reward kepada karyawannya. Reward dapat diberikan kepada karyawan sebagai upaya agar mereka merasa pekerjaannya dihargai dan keberadaannya dibutuhkan. Reward tidak harus selalu berbentuk materi, tetapi bisa juga berupa pujian, dan juga apresiasi dari atasan.

5. Employee Relation

Lingkungan kerja yang baik dapat menciptakan suasana kerja nyaman, sehingga karyawan pun betah untuk bekerja. Kenyamanan dalam bekerja dipengaruhi oleh lingkungan kerja dan komunikasi. Oleh sebab itu, perusahaan membuat media komunikasi bagi semua karyawan. Perusahaan juga memberikan wadah (program) sehingga semua karyawan (dari level security hingga level C) bisa memberikan saran atau komplain kepada perusahaan. Dengan hal tersebut potensi retensi atau bertahannya karyawan akan lebih tinggi.

Baca Juga:   Hard skill Industry 4.0

Kesimpulan

Dengan hal – hal yang disebutkan diatas, perusahaan dan tim HRD dapat lebih tahu lagi dalam mempertahankan karyawan dalam perusahaan. Terapkan hal – hal diatas jika ingin menciptakan kualitas dan kenyamanan dalam bekerja di lingkungan perusahaan. Dengan begitu karyawan akan bersemangat dan terpacu sehingga meningkatkan performa dalam bekerja.

Informasi lengkap mengenai DataOn dan produk – produknya, klik disini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top