Musik yang Cocok Menemani saat Bekerja

Saat bekerja di kantor maupun #WFH, ada kalanya kita merasa jenuh atau ngantuk, apalagi ditambah dengan banyaknya tugas yang menumpuk dan harus diselesaikan segera. Biasanya dalam kondisi seperti ini, kita paling sering ngemil atau alternatif lainnya ialah mendengarkan musik dari gawai. Jenis-jenis musik yang kita dengarkan sangatlah beragam, tetapi tidak semua jenis musik dapat menunjang produktivitas kerja. Tulisan kali ini akan membahas beberapa jenis musik yang sangat cocok untuk meningkatkan produktivitas saat bekerja.

Berikut ini 5 jenis musik yang cocok menemanimu saat bekerja:

1. Klasik

Musik klasik sering diidentikan dengan musiknya orang kaya dan orang-orang tua. Menurut penelitian, musik klasik dapat bermanfaat bagi kita untuk menghafalkan sesuatu secara cepat. Musik klasik juga dapat menurunkan tingkat stres, meningkatkan fokus/konsentrasi dan meningkatkan semangat dalam melakukan sesuatu. Tokoh musik klasik yang paling dikenal adalah Wolfgang Amadeus Mozart, Ludwig van Beethoven dan Johann Sebastian Bach.

2. Soundtrack Game

Beberapa soundtrack game memiliki komposisi musik yang dapat meningkatkan konsentrasi dan memotivasi dalam bekerja. Mayoritas soundtrack game tidak berlirik, hal tersebut membuat kita dapat lebih fokus ke pekerjaan dan tidak terdistraksi dengan lirik lagu. Soundtrack game memang diciptakan untuk dapat didengarkan berulang kali tanpa merasa bosan dan juga bertujuan untuk para pemain agar dapat fokus menyelesaikan permainan serta membuat orang yang mendengarkan bersemangat tetapi secara bersamaan tenang. Salah satu yang paling dikenal adalah soundtrack dari Mario Bros.

Baca juga: Istilah-istilah dalam Dunia Kerja

3. Reggae

Musik reggae berasal dari Jamaica yang terpengaruh dari musik jazz dan swing. Musik reggae dapat membuat orang yang mendengarnya lebih rileks. Musik reggae juga dapat meningkatkan fokus atau konsentrasi kepada pekerjaan. Salah satu lagu reggae yang terkenal adalah No Woman No Cry dari Bob Marley.

4. Deep House

Musik deep house terpengaruh oleh warna musik jazz-funk dan soul. Komposisi musik deep house dapat merangsang otak yang secara langsung meningkatkan produktivitas kerja. Dengan ritme lambat dan sedikit vokal, musik deep house akan membuat rileks tanpa mengganggu fokus/konsentrasi pekerjaan. Rekomendasi lagu dengan jenis musik deep house:

  1. Lost Frequencies ft. Easton Corbin – Are You with Me (Mahmut Orhan Remix)
  2. Duke Dumont – Ocean Drive (Shaun Frank Remix)
  3. Hot Since 82 – Knee Deep in Louise (Original Mix)
  4. Malaa – Notorious

5. Instrumental Blues

Iringan musik blues tanpa menggunakan lirik merupakan pilihan yang tepat untuk didengarkan ketika bekerja, terutama ketika sulit untuk fokus/konsentrasi. Dominasi suara saxophone dan gitar elektrik yang menjadi pemberi warna utama pada jenis musik ini, akan sangat berpengaruh terhadap tingkat produktivitas kerja.

Masih banyak jenis-jenis musik yang belum dibahas kali ini. Intinya, setiap orang memiliki selera musiknya masing-masing, dan setiap jenis musik bisa meningkatkan produktivitas kerja jika sesuai dengan selera musik seseorang. Semoga tulisan kali ini dapat membantu kita semua dalam meningkatkan produktivitas kerja dengan mendengarkan musik.

Baca juga: Cara Tingkatkan Produktivitas Saat Bekerja

Baca Juga:   New Normal Indonesia: Manfaat Penggunaan Sistem HRIS pada Perusahaan
Scroll to Top