New Normal Indonesia: Manfaat Penggunaan Sistem HRIS pada Perusahaan

Sudah lebih dari satu minggu per tanggal 1 Juni 2020 sejak ditetapkannya skenario tahapan New Normal telah dijalankan untuk memulihkan roda ekonomi Indonesia namun tetap dalam protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19. New Normal membuat seluruh pihak khususnya perusahaan harus dapat melakukan penyesuaian untuk tetap bertahan dan menjalankan bisnisnya di tengah keadaan ekonomi yang melambat.

Pemanfaatan teknologi untuk membantu proses manajemen karyawan dapat dipilih oleh perusahaan untuk tetap memaksimalkan kinerja karyawan pada masa New Normal. Teknologi HRIS (Human Resource Information System) dengan berbagai kemudahan dapat membantu manajemen karyawan pada perusahaan agar tetap berjalan selama COVID-19.

DataOn sebagai perusahaan penyedia jasa HRIS dengan produk unggulannya SunFish HR yang telah berpengalaman sejak 1999 tentu bisa menjadi solusi bagi manajemen karyawan agar tetap maksimal di masa New Normal. Apa saja manfaat penggunaan sistem SunFish HR pada masa New Normal:

1. Integrasi antar data secara aman dan sistematis

Kelebihan utama SunFish HR dari sistem HRIS lainnya adalah fitur dan modul yang komprehensif dan lengkap. Penyimpanan data dengan teknologi komputasi awan mengintegrasi data-data yang dikumpulkan dalam 1 sistem saja dan membuat SunFish HR dapat diakses di mana saja. SunFish HR juga menyadari pentingnya keamanan data dari penggunanya adalah prioritas yang perlu dijaga. Keamanan penyimpanan data pada sistem SunFish HR tidak perlu diragukan karena sudah mengantongi standar ISO 9001:2015 dan ISO/IEC 27001:2013.

Baca juga: Pentingnya ISO

2. Mengorganisir data kehadiran, lembur, cuti, dan izin karyawan secara aktual

Pada masa New Normal, banyak perusahaan yang menerapkan sistem bekerja dari rumah. Dengan menggunakan SunFish HR, HRD bisa melacak data kehadiran karyawan secara aktual. Karyawan juga bisa mengajukan cuti, lembur, dan izin dengan mudah melalui SunFish HR tanpa perlu menemui HRD dan dapat dilakukan di mana saja.

Baca Juga:   Musik yang Cocok Menemani saat Bekerja

3. Proses perhitungan gaji dan pajak secara otomatis dan akurat

Sistem HRIS SunFish HR tentunya membuat proses penggajian dan perhitungan pajak dilakukan secara akurat sehingga meningkatkan efisiensi kinerja HRD. Sistem payroll pada SunFish HR juga dapat menyesuaikan perhitungan gaji dan pajak sesuai peraturan yang berlaku termasuk pajak penghasilan (Pph 21) dan perhitungan BPJS Ketenagakerjaan.

4. Proses rekrutmen praktis dan efisien

SunFish HR mempermudah HRD melakukan proses rekrut karyawan secara online sehingga perusahaan tetap bisa merekrut karyawan tanpa harus tatap muka di mana saja dan kapan saja. Modul Recruitment pada SunFish HR membantu menyaring data kandidat sesuai kriteria dari lowongan kerja, pengumpulan data kandidat, memberikan informasi dari kandidat secara mendalam, dan membantu proses penjadwalan tahap rekrutmen karyawan.

Scroll to Top