PENTINGNYA CLOUD PADA SISTEM HRIS

Setiap perusahaan pastinya sangat perlu memiliki manajemen sumber daya manusia (SDM) yang baik agar proses bisnis dapat berjalan secara lancar. Pada masa new normal dan industri 4.0 yang saat ini sedang kita hadapi tentunya membuat perusahaan harus dapat melaju lebih cepat dengan manajemen SDM yang terpadu.

Digitalisasi dapat menjadi jawaban untuk membantu meningkatkan efisiensi pada proses manajemen SDM.

Sistem HRIS (Human Resource Information System) sering kali digunakan oleh banyak perusahaan untuk dapat membantu kinerja HR untuk mengumpulkan, menyimpan, dan mengolah data terkait manajemen SDM secara terintegrasi dan berbasis komputer. Penggunaan sistem HRIS juga dapat digunakan oleh berbagai perusahaan baik itu skala kecil, menengah, besar, dan perusahaan start-up sekalipun.

HRIS dengan sistem komputasi awan atau biasa disebut dengan Cloud HRIS merupakan salah satu sistem HRIS yang populer dan banyak diminati saat ini karena banyaknya keuntungan dibanding jenis sistem HRIS lainnya. SunFish HR sebagai HRIS terdepan dari Indonesia juga telah dilengkapi dengan sistem komputasi awan. Lalu apa saja manfaat cloud pada sistem HRIS?

1. Meningkatkan Mobilitas Kerja

Sistem HRIS tanpa cloud biasanya membutuhkan instalasi komputer dan hanya dapat digunakan pada satu perangkat yang sama. Cloud pada sistem HR membuat basis operasi sistem bergantung pada internet sehingga memudahkan proses kerja yang dapat dilakukan kapan saja dan di mana pun. Bekerja dari rumah pastinya dapat dilakukan karena sistem cloud pada HRIS membantu meningkatkan mobilitas kerja penggunanya.

Baca juga:Kenapa HR Butuh HRIS?

2. Mengintegrasi dan Otomatisasi Proses Administrasi

Proses administrasi personalia seperti pengajuan cuti, data absensi, dan slip gaji karyawan dapat dilakukan dan terintegrasi dalam satu sistem serta dapat diakses kapan saja. Administrasi juga dapat dilakukan lebih cepat dan mudah karena proses persetujuan juga dapat dilakukan pada sistem HRIS berbasis cloud.

3. Keamanan Terenkripsi Bagi Pengguna

Pengguna dapat mengatur hak akses pada HRIS berbasis cloud. Selain itu HRIS dengan cloud seperti SunFish HR memiliki server dengan keamanan yang terjamin dan bersertifikasi standar internasional. Jika pengguna memutuskan untuk tidak menggunakan sistem HRIS lagi, seluruh data-data seperti data pribadi karyawan dan data konfidensial perusahaan juga akan terhapus secara otomatis.

Baca Juga:   5 Cara Mengatasi Depresi di Tempat Kerja

4. Mengurangi Terjadinya Human Error

Dengan menggunakan HRIS secara benar, tugas HR yang membutuhkan ketelitian yang tinggi seperti perhitungan Pph 21, potongan atau iuran dalam gaji, dan perhitungan tunjangan dapat membantu mengurangi kesalahan perhitungan dan membantu menghasilkan data yang akurat.

5. Lebih Fokus Pada Pekerjaan Strategis

HRIS berbasis cloud membantu proses penyimpanan dan analisis data lebih mudah. Dengan menggunakan HRIS berbasis cloud HR dapat lebih fokus pada pekerjaan strategis yaitu pengambilan keputusan dan jangka panjang manajemen karyawan dalam perusahaan.

Banyak sekali kemudahan dan manfaat yang dapat dirasakan HR pada penggunaan HRIS berbasis cloud. Efisiensi kinerja dalam perusahaan adalah hal yang penting agar bisnis dapat berkembang dengan baik. Apakah perusahaan anda sudah siap merasakan kemudahan dari sistem HRIS berbasis cloud?

Baca juga: 3 Pelajaran dari HR

Scroll to Top