Pentingnya Worklife Balance yang Wajib Kamu Tahu!

Tahukah kamu menjaga keseimbangan pekerjaan dan kehidupan pribadi atau yang biasa disebut worklife balance sangatlah penting? Definisi sederhana dari worklife balance adalah suatu kondisi di mana seorang pekerja dapat mengatur waktu yang secara seimbang antara pekerjaannya dengan kebutuhan pribadi, rekreasi, dan kehidupan berkeluarga.

Worklife balance dapat membantu kamu tidak overwork sehingga kamu memiliki energi dan tingkat fokus yang bagus selama bekerja. Tak hanya itu, keseimbangan antara dunia kerja dan personal juga dapat menjaga hubungan baik antara karyawan dan pihak manajemen. Worklife balance juga dapat meningkatkan loyalitas pada perusahaan dan menurunkan tingkat turn-over.

Baca juga: 4 Cara Mengurangi Turnover di Kantor

Dalam dunia bekerja, kita memang dituntut untuk dapat mengerjakan pekerjaan kita secara profesional. Tetapi, kamu juga harus membagi waktu secara seimbang pada kehidupan pribadimu agar tetap produktif. Lalu bagaimana cara yang tepat agar kamu dapat menerapkan worklife balance?

1. Membuat skala waktu dan prioritas dalam pekerjaan

Usahakan kamu dapat memanfaatkan waktu bekerja semaksimal mungkin sehingga kamu tidak perlu membawa pekerjaan yang belum selesai dan mengerjakannya di rumah atau saat libur. Kamu dapat membagi skala prioritas pekerjaan sehingga kamu dapat mengerjakan tugas yang paling penting pada pekerjaanmu.

2. Membuat acara bersama karyawan dan keluarga

Mencapai worklife balance di perusahaan juga menjadi salah satu tugas manajemen terutama HRD. HRD dapat membuat acara kumpul bersama antar karyawan bersama keluarganya untuk meningkatkan keakraban antar pekerja dengan keluarga mereka.

3. Membuat target yang realistis

Kamu dan tim dapat menentukan target yang realistis agar dapat semangat dalam bekerja. Usahakan jangan membuat target yang tidak realistis dan deadline kerja yang padat agar kamu dapat mencapai target tersebut tanpa harus mengorbankan kehidupan pribadi.

Baca Juga:   INDUSTRI 4.0 = HR 4.0

Scroll to Top