Hal - hal yang dilihat HRD saat proses rekrutmen karyawan!

Poin yang Dinilai HRD dalam Merekrut Calon Karyawan

Di dalam proses merekrut karyawan baru, ada beberapa hal yang ternyata dilihat dan menjadi pertimbangan kuat recruiters . Tak hanya sekedar faktor IPK yang tinggi, keaktifan dalam organisasi kampus ataupun memiliki background sebagai mahasiswa teladan, namun poin – poin inilah yang menjadi pertimbangan HRD dalam merekrut calon karyawan. Apa sajakah itu? Baca poin – poin berikut ini.

 1. Bisa memahami budaya perusahaan

Kriteria penting yang dicari sebagian besar perusahaan adalah tingkat disiplin tinggi. Menurut bagian rekrutmen salah satu perusahaan saham di India, Bhawna S Choudhary, seorang karyawan harus punya kemampuan menyelaraskan nilai – nilai budaya yang ada di perusahaan agar tampil percaya diri dan dipercaya orang lain. Jika karyawan dengan cepat daat beradaptasi dengan budaya perusahaan, hal ini akan memudahkan karyawan itu sendiri nanti kedepannya saat bekerja.

2. Punya kemampuan kepemimpinan

Bagi Anda yang ingin melamar untuk posisi manajer atau supervisor pastikan Anda memiliki kemampuan memimpin yang baik. Departemen HRD selalu mencari karyawan yang dapat menginspirasi rekan lainnya dengan rencana yang brilian dan merangkul staf lain dengan baik. Untuk itu, kepemimpinan juga merupakan poin penting yang harus dimiliki seorang kandidat.

3. Motivasi tinggi

Motivasi tinggi juga menjadi salah satu pertimbangan HRD dalam menentukan penerimaan calon karyawan. Pendapat yang tidak mainstream dan keinginan untuk berkembang menjadi lebih baik, sangat dihargai bagian HRD.  Karena denga motivasi tinggi, karyawan tersebut dapat juga meng-influence karyawan lain dan rekan satu timnya untuk memilik semangat yang tinggi seperti dirinya

4. Cepat mengambil keputusan

Kecepatan dalam mengambil keputusan dengan benar juga menjadi bahan pertimbangan HRD dalam merekrut karyawan. Sebab, dunia kerja penuh dengan tantangan dan dibutuhkan kinerja yang serba cepat agar mampu bersaing. 

Baca Juga:   Nikah dengan Teman Sekantor? Baca Dulu Infonya

5. Cerdas

Ijazah memang penting saat melamar kerja, tapi kecerdasan tak kalah penting. Kecerdasan bukanlah hanya sekedar IPK tinggi, namun para calon karyawan harus memiliki kemampuan berpikir out of the box. Anda dituntut punya kemampuan perencanaan, mengatur, menghadapi situasi krisis atau masalah dengan solusi yang ampuh untuk perusahaan. (Sumarni/Times of India)

Kesimpulan

Beberapa poin ini dapat menjadi faktor penentu dalam bagaimana HRD melihat calon kandidat. Tidak hanya sekedar IPK tinggi ataupun skills yang sesuai, namun kecepatan dalam beradaptasi akan budaya perusahaan, motivasi tinggi, kepemimpinan, kecepatan dalam pengambilan keputusan dan kecerdasan dalam berpikir merupakan hal yang bisa mulai dimiliki oleh anda yang sedang mencari pekerjaan.

Itu dia inforamsi mengenai poin yang dilihat HRD dalam merekrut karyawan. Jika anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai DataOn dan produk SunFish, segera hubungi kami untuk mencoba demo sekarang.

Written and Edited by: Lydia Dameria Simamora

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top