JENIS PSIKOTES POPULER UNTUK MEREKRUT KANDIDAT TERBAIK!

Salah satu proses rekrutmen yang penting adalah dengan melakukan psikotes. Proses psikotes dilakukan sebagai salah satu tahap para perekrut untuk mengenal dan melihat kecocokan kemampuan kandidat pada posisi yang dicari perusahaan.

Lalu, apa saja jenis-jenis psikotes yang biasa digunakan rekruter pada proses interview?

1. Tes Wartegg

Tujuan dari tes ini adalah melihat kepribadian seseorang dalam mengambil keputusan. Tes ini biasanya berupa bentuk gambar yang berbeda-beda dan anda diminta untuk menemukan jawaban dari tes ini dengan melanjutkan gambar yang ada pada soal. Oleh karena itu, anda perlu benar-benar memahami dan mempelajari tes ini.

2. Tes Pauli atau Kraeplien

Bentuk soal pada Tes Pauli atau Kraeplien berupa angka-angka yang disusun membujur dengan jumlah angka yang baik ditambahkan, dikurangkan, dan jenis perhitungan lainnya. Jenis tes ini dilakukan untuk menilai kemampuan dalam berkonsentrasi, ketahanan, dan ketelitian anda dalam bekerja.

3. MBTI Tes

MBTI terdiri dari 93 pertanyaan di mana anda diberikan dua pilihan pernyataan untuk menentukan kecenderungan yang paling sesuai dengan diri anda. Tes ini dirancang untuk melihat bagaimana anda mengambil keputusan dan memandang sesuatu.

4. DISC

Tes ini digunakan untuk mengetahui sifat utama anda yang dibagi dalam empat bagian. DISC sendiri adalah tes yang ramah pengguna dan cenderung lebih singkat dibanding tes lainnya, karena terdiri dari 12 hingga 20 pertanyaan. Dalam jenis psikotes kerja ini, kandidat akan diberikan kata atau frasa lalu diminta memilih mana yang menurut mereka paling sesuai dengan mereka.

Baca Juga:   Tips Jitu Perusahaan Hadapi Krisis Pandemi Corona
Scroll to Top