Raih Goals Perusahaan anda dengan Metode OKR!

Perusahaan yang maju merupakan perusahaan yang memperhatikan setiap karyawannya. Bukan hanya sekedar memberi upah atas kinerja yang mereka berikan, tetapi memperlakukan karyawan dengan baik dan membuat nyaman, sehingga kinerja serta kontribusi yang diberikan karyawan untuk perusahaan juga maksimal.

Bagaimana awalnya OKR dapat berkembang?

Seperti yang dilakukan oleh Andy Grover sewaktu menjadi CEO Intel tahun 1970, dia terinspirasi oleh pendekatan Management by Objective (MBO) dari Peter Drucker. Lalu Andy Grove mengembangkan Objective and Key Results (OKR).

Metode yang dikembangkan oleh Andy Grover ini berhasil mendukung pertumbuhan dari salah satu perusahaan terbesar yaitu google yang hanya memiliki 40 karyawan menjadi lebih dari 100.000 orang, bahkan mungkin saat ini sudah bertambah jumlahnya. Akibat dari kesuksesan metode OKR ini banyak perusahaan yang juga ikut menerapkan seperti Twitter, Amazon, LinkedIn, Airbnb, Spotify, Dropbox, Twitter, dan Booking.

Lalu apa yang menjadi keunikan OKR sehingga dapat membuat suatu perusahaan terus berkembang? Apakah saja yang dilakukan perusahaan untuk menerapkan OKR ini? Adakah manfaat yang didapatkan oleh perusahaan ketika menerapkan metode OKR ini? berikut penjelasannya.

Definisi OKR (Objective Key Results)

Mengutip dari WhatMatters, Objective and Key Results (OKR) adalah suatu cara yang dibuat untuk tim dan individu, dengan target yang menantang dan ambisius, namun menggunakan cara yang cukup realistis dan terukur. OKR juga bisa melihat progres performa setiap karyawan dengan cukup fleksibel.

Dalam OKR, terdapat dua unsur, yaitu Objective dan Key Result.

Objective adalah deskripsi yang mudah diingat tentang tujuan yang ingin dicapai di masa depan. Tujuan harus singkat, inspiratif, menarik, serta dirancang untuk memberikan arahan, memotivasi, dan menantang tim.

Baca Juga:   Teknologi dalam Proses Rekrutmen Online

Key Results adalah sekumpulan metrik yang mengukur kemajuan dan menggambarkan sejauh mana tujuan telah dicapai. Setiap tujuan biasanya memiliki 2 hingga 5 metrik dalam bentuk hasil utama.

Objective menjelaskan apa yang akan dicapai dan key results menjelaskan bagaimana mengukur pencapaian itu. Kemajuan key results diberi skor 0% hingga 100%, sedangkan kemajuan objective merupakan rata-rata dari kemajuan key results.

Kesimpulan

Penting untuk sebuah perusahaan dalam menentukan pencapaian dengan menggunakan metode pengukuran kesuksesan, yaitu dengan menggunakan OKR. dengan menggunakan metode pengukuran dari OKR, pekerjaan perusahaan akan lebih terorganisir dan tujuan dari perusahaan lebih jelas. Dengan demikian, dapat membuat pekerjaan karyawan lebih tertata dan membuat karyawan bekerja dengan fokus terhadap target perusahaan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top